Bandara Arung Palakka Bone Akan Beroperasi Tahun Ini

FILALIN, MAKASSAR – Bandara Arung Palakka yang berada di Kec. Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, akan kembali beroperasi, rencananya maskapai Susi Air akan membuka 3 rute penerbangan. Selasa, (29/11/2022).

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pengoperasian Bandara Arung Palakka, ini dilakukan setelah Pemprov Sulsel memberikan subsidi tiket sebesar Rp 2,5 Miliar.

“Ini kan arahan Pak Presiden dan Pak Menteri, jadi tolong di aktifkan Bandaranya karena sudah di anggarkan dan arahan Pak Presiden langsung kami tindak lanjuti dengan subsidi,” ucapnya.

Subsidi ini adalah bukan pertama kalinya sebelumnya sudah di berikan subsidi penerbangan Toraja-Balikpapan, dengan beroperasinya bandara ini tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Bandara Arung Palakka ini sudah lumayan agak lama tidak beroperasi dari tahun 2017 di karenakan adanya beberapa masalah. Alhamdulillah dengan dukungan Pemprov Sulsel, kita mendapatkan subsidi untuk mengaktifkannya kembali,” ujar Wakil Bupati Bone Drs Ambo Dalle.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah mengatakan Bandara Arung Palakka rencanaya penerbangan perdana akan di mulai pada tanggal 01 Desember 2022 dan ada 3 rute yang akan di layani Susi Air. Mulai dari Makassar-Bone (PP) 5 kali seminggu dengan harga tiket Rp. 300.000, Bone-Kendari (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp. 500.000 dan rute Bone – Balikpapan (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp. 1.100.000.

Penulis: Ramadan