5 Istilah Dari Dr. Gary Chapman Membantu Kamu Dalam Menilai Pasanganmu

Ilustrasi pasangan. Foto: Pixoboy

FILALIN – Dalam hubungan akan ada momen dimana kita meragukan pasangan kita sendiri, apakah ia beneran sayang atau hanya sekedar memanfaatkan perasaan yang kita punya.

Jika kamu sudah pada level tertentu dalam sebuah hubungan, maka kamu pasti mengetahui seseorang dalam mengekspresikan rasa sayang yang ia miliki.

Nah mari mengenal 5 istilah dari Dr. Gery Chapman, seorang penulis dan praktisi ahli dalam hubungan asal Amerika ini yakni :

1. Words of affirmation

Menurut Gary Chapman, tipe pasangan yang kerap memuji atau mengapresiasi kamu ketika kamu berhasil melakukan sesuatu atau mencapai sesuatu, baik itu lewat ucapan lisan ataupun lewat tulisan dengan mengirimkan chat kepadamu. Contoh :
“wah kamu hebat, saya sejak awal sudah menduga kamu akan mampu meraihnya selamat yah, kamu pantas kok menjadi pemenangnya”. kalimat ini menunjukkan afirmasi positif yang bersifat memuji.

2. Quality Time

Tipe pasangan ini akan lebih banyak meluangkan waktunya demi bersama kamu. Ia akan lebih senang jika kamu ikut dan selalu berada disampingnya. Bagaimana tidak, tipe pasangan yang seperti ini biasanya akan secara sengaja menjadwalkan kegiatan dimana kalian berdua akan lebih sering bersama, baik disela-sela kesibukannya ataupun di waktu luangnya, tujuannya tentu saja agar ia bisa menghabiskan waktu bersama denganmu secara lebih banyak dan tentunya dengan harapan dapat menguatkan intimasi hubungan kalian berdua.

3. Receiving Gifts

Jika kamu sedang ulang tahun atau kamu sedang berada di hari-hari penting, maka ia akan mengekspresikan perasaannya dalam bentuk pemberian barang atau sesuatu yang kamu suka. Tipe pasangan ini biasanya memiliki sifat yang royal terlebih lagi pada pasangannya. Memberikan kejutan yang tidak terduga, baik di hari biasa terutama di hari istimewanya kamu adalah merupakan yang paling menonjol dari bahasa cinta yang ia punya.

4. Physical Touch

Love language atau ekspresi cinta tipe ini adalah ekspresi cinta dalam bentuk sentuhan fisik langsung, contohnya membelai rambut serta memeluk pasangannya. Tipe pasangan seperti ini akan berusaha berada di dekat kamu.

5. Acts of Service

Nah istilah terakhir ini menurut Gary Chapman adalah tipe pasangan yang akan membuat kamu nyaman dan merasa dicintai, dengan cara ia akan berusaha melakukan sesuatu yang menurut dia akan membantu kamu secara langsung dalam banyak hal, contohnya membuatkan sarapan favorit kamu, melakukan laundry serta mengambil alih semua tugas rumah.

Jadi itu adalah 5 istilah yang perlu kamu ketahui agar kamu menyadari bahwa cinta itu berbentuk meskipun abstrak, cinta itu tidak sekedar kata dari 5 huruf penyusun yang berbeda C.I.N.T.A namun juga memiliki ekspresi berbeda tentu saja.

Penulis: Maharani