Berita  

Redaksi Filalin Perdalam Teknik Penulisan Lead

Setelah menggelar workshop tahap pertama, manajemen Filalin.com, kembali menggelar kegiatan lanjutan. Kali ini pembahasan tentang penulisan judul dan lead berita. Berlangsung di kantor redaksi, kawasan Panakkukang Mas Makassar, Sabtu 17 Desember 2022, dihadiri sejumlah awak redaksi. Menghadirkan pemateri Zulkarnain Hamson, Direktur ZH Konsultan.

Kontrak kerjasama antara manajemen Filalin.com, dengan Zulkarnain Hamson (ZH) Konsultan, yang diteken November 2022, terkait pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM), telah berjalan sesuai kesepakatan. Dimulai dari persiapan administrasi dilanjutkan dengan pembobotan redaksi. Menurut Zulkarnain, portal berita wajib mengikuti ketentuan verifikasi Dewan Pers (DP), agar menjadi media professional, sesuai Undang-Undang No.40 Tahun 1999, tentang; Pers.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memperkirakan saat ini di Indonesia terdaat 43 ribu portal berita online. Namun, menurutnya jumlah media online yang telah terverifikasi Dewan Pers tidak lebih dari 100 media. “Saya berharap media yang saya pimpin, menjadi salah satu media terverifikasi DP,” ujar Irwan Syarif, di sela kegiatan workshop.

Seperti diungkapkan Steven, salah seorang warga Toraja Utara, yang di Maret 2022 lalu mengeluhkan kian menjamurnya media online, dengan kualitas berita yang kurang baik. Hal sama dikemukakan oleh Hardi, salah seorang pembaca portal berita di Makassar, yang mengungkapkan kegelisahannya terkait kualitas berita online.

Ahmad Djauhari, Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers Dewan Pers, dalam konferensi virtual, Rabu (2/2/2022), menyebutkan hingga akhir 2021 sudah 374 media yang terdata,  mendekati 1.700-an perusahaan pers seluruh Indonesia yang terdata di Dewan Pers, dapat dilihat, dapat dicermati mana saja perusahaan pers yang ada itu.

Pelatihan bagi SDM Filalin, dijadwalkan  sampai akhir 2023, kelas pembelajaran bagi redaksi dan manajemen Filalin akan terus berlangsung, sampai proses verifikasi DP berlangsung, demikian ditegaskan Irwan, yang juga aktif berbisnis dalam dunia elektronika di Makassar.

“Target bukan hanya terverifikasi Dewan Pers, melainkan membaiknya kualitas dan karya berita yang dilahirkan,” ujar Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar itu.

Penulis: Rzl