Berita  

Tarik Tambang Dengan 5000 Peserta Memakan korban Jiwa

FILALIN, MAKASSAR – Tarik Tambang dengan 5000 Peserta Di Kota Makassar Merenggut Nyawa Seorang Peserta Akibat Terbentur Pembatas Jalan, Minggu Pagi Ini Salah Satu Peserta Tarik Tambang Di Kota Makassar Meninggal Dunia Akibat Terbentur Pembatas Jalan, Minggu (18/12/22).

Salah satu pesertaTerbentur Pembatas Jalan, Satu Peserta Meninggal pada Kegiatan Tarik Tambang IKA Unhas Sulsel

Kabarnya, korban terbentur pembatas jalan yang terbuat dari beton. Informasi yang di ketahui bahwa sejumlah peserta sempat terlempar.

Nahas bagi peserta perempuan tersebut setelah terlempar lalu Kepalanya membentur beton pembatas jalan di Jalan Jenderal Sudirman. Dua peserta lainnya hanya luka-luka.

Adapun diberitakan sebelumnya, Kegiatan tarik tambang itu diselenggarakan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Sulawesi Selatan dalam rangka memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MuRI).

Dalam kegiatan tersebut merupakan rangkaian Pelantikan Pengurus IKA Unhas Sulawesi Selatan yang diketuai Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, pada 19 Desember di Hotel Four Point by Sheraton.

Lomba Tarik Tambang IKA Unhas Sulawesi Selatan bakal memecahkan Rekor MURI sebagai permainan tradisional yang akan melibatkan 5.000 peserta.

Perlombaan ini dijadwalkan berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman pada 18 Desember 2022, pukul 06.00 wita. Peserta akan membentangkan tali dengan panjang 1.540 meter.

Inilah lomba tarik tambang terpanjang di Indonesia dengan panjang tali 1.540 meter dan akan melibatkan 5.000 orang peserta,” ,kata Wakil Ketua Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel Rahmansyah, Sabtu (17/12/2022).

Ia menjelaskan 5.000 peserta merupakan gabungan dari alumni Unhas dan warga Kota Makassar,Mereka dibagi menjadi dua tim, yakni Tim A dan Tim B. Masing-masing tim terdiri lebih dari 2.500 orang.

Kata dia, Tim A titik awalnya berada di Perempatan Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani.( Yakni di depan RSIA Pertiwi.)

Sedangkan Tim B berada di depan PT Sangyangseri Jalan Ratulangi ke titik tengah depan RSIA Pertiwi Jalan Jenderal Sudirman.

Diketahui Yang sudah mendaftar dari masing-masing kecamatan sudah sekitar 6.000 orang. Kami berharap besok para peserta datang tepat waktu, 40 menit sebelum acara,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IKA Unhas Sulawesi Selatan Danny Pomanto menjelaskan Lomba Tarik Tambang adalah jenis olahraga dan kreasi rakyat yang tiap tahun diadakan di setiap moment peringatan HUT RI.

Danny Pomanto mengatakan Lomba Tarik Tambang sangat digemari oleh masyarakat hampir di semua titik wilayah di negeri ini, dari Sabang sampai Marauke.

Lomba Tarik Tambang mengajarkan kita tentang makna dari kekompakan, gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas. Ini merupakan contoh konkret inisiatif untuk menguatkan kolaborasi,” ucap Danny Pomanto.

Rencananya, rekor tersebut akan diberikan oleh perwakilan dari MURI kepada Wali Kota Makassar Danny Pomanto selaku Ketua IKA Unhas Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan itu, Danny Pomanto akan didampingi oleh Ketua PP IKA Unhas Amran Sulaiman dan disaksikan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Melihat adanya korban jiwa dalam perlombaan tarik tambang yang berlangsung pada Minggu dengan peserta sebanyak 5000 orang Siapa gerangan yang ingin bertanggung jawab dalam insiden meninggalnya seorang peserta.

Penulis: Ramadhan