Dengan Mata Kuliah Terbanyak! UNM Raih Juara Pertama dalam Ajang Anugrah Diktiristek Tahun 2022

FIALLIN, JAKARTA – Pada Ajang Anugrah Diktiristek tahun 2022, dengan meraih juara terbaik Sistem Pembelajaran Daring (SPADA), Univeritas Negeri Makassar (UNM) di anugrahi kategori anugrah pembelajaran dan kemahasiswaan pada subkategori perguruan tinggi dengan kontribusi mata kuliah terbanyak tahun 2022. Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Rektor II, Prof. Karta Jayadi, di The Sultan Hotel Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Penghargaan SPADA ini merupakan penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada perguruan tinggi terbaik yang telah melakukan inovasi pembelajaran daring.

Selain itu, SPADA adalah sebuah media konten pembelajaran gratis yang disediakan oleh Kemendikbud-Ristek pada laman https://spada.kemdikbud.go.id/. Dalam laman tersebut, pemerintah juga telah menyediakan Learning Management System (LMS) yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai institusi secara gratis.

Selain UNM, ada 4 perguruan tinggi lainya yang meraih penghargaan SPADA yakni Universitas Sebeles Maret menempati universitas terbaik ke-2, Universitas Janabadra Yogyakarta menempati posisi ke-3, Universitas Dinamika Surabaya dan Universitas Tanjung Pura.

Prof. Karta pada kesempatan tersebut ia bangga atas pencapaian tersebut. Menurutnya, penghargaan ini merupakan bukti bahwa UNM selalu melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama yang berbasis teknologi.

“Di UNM untuk pembelajaran daring kita menggunakan SYAM-OK, aplikasi tersebut sangat memudahkan mahasiswa serta dosen dalam mendukung pembelajaran yang efektif dan efisien,” ujarnya.

“Kita tentu harus merasa bangga karena banyak sekali prestasi yang diraih oleh UNM, dari segi kontribusi positif dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul serta memajukan perguruan tinggi lewat mata kuliah di semua jenjang,” sambungnya.

Apalagi, kata Prof Husain Syam, proses akademik dan non akademik di UNM, berjalan sesuai standar yang ada dan menggunakan Learning Management System (LMS) tunggal yakni System and Application Management Open Knowledge atau (SYAM-OK).

Penulis: Maharani