Aliran Bab Kesucian Gowa, Kemenag Verifikasi Lapangan dan Ajak Dialog

Aliran Bab Kesucian, Menag Kemenag Verifikasi Lapangan dan Ajak Dialog

FILALIN.COM, MAKASSAR – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menemukan adanya dugaan aliran sesat Bab Kesucian di Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengaku sudah mendengar informasi tersebut. Pihaknya sudah meminta jajaran Kemenag Sulawesi Selatan untuk melakukan verifikasi lapangan, guna mendapatkan informasi selengkapnya, langsung dari para pihak aliran tersebut.

“Verifikasi dan klarifikasi ini penting agar langkah tindak lanjut yang di ambil benar-benar berdasarkan informasi yang sebenarnya. Selanjutnya diajak dialog,” tegas Menag di Jakarta, Senin (2/1/2023).

Baca Juga : Netizen Geram Dengan Istri Bekti, Galang Dana buat sang Suami

Menag memastikan pendekatan yang akan di lakukan adalah dialog. Jajaran Kanwil, Kankemenag, penyuluh, bersama FKUB setempat telah di minta untuk menjalin dialog guna mendengar penjelasan pengikut Bab Kesucian terkait keyakinan dan pemahaman yang mereka anut.

“Perlu digali, sumber keyakinan mereka dari mana, dan argumentasinya seperti apa,” terangnya.

“Sekira di temukan adanya indikasi penyimpangan dalam pemahaman keagamaan, kita lakukan edukasi, dakwah, dan pendampingan, khususnya kepada para anggotanya,” sambungnya.

Baca Juga : Duka Akhir Tahun Raffi Ahmad

Kepada pimpinan aliran, lanjut Menag, perlu juga di ajak dialog melalui pendekatan persuasif. Selain dialog keagamaan, juga memberikan pencerahan terkait regulasi yang berlaku agar penyebaran paham keagamaan tidak mengarah pada tindakan penistaan.

“Saya mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak main hakim sendiri,” tuturnya.

“Pelibatan aparat di mungkinkan jika dalam proses pendalaman di temukan indikasi tindak pidana dan tidak bisa di selesaikan melalui dialog,” tandasnya.

 

#menag #aliranbab #kemenag #makassar