Waspada ! Chiki Ngebul Kembali Memakan Korban

Waspada ! Chiki Ngebul Kembali Memakan Korban

Filalin.Com, Makassar – Hati-hati terhadap Ice smoke atau chiki ngebul yang dijual. Hal ini, dipicu karena konsumsi cairan nitrogen yang berlebihan.

Jajanan Chiki Ngebul sangat diminati anak-anak. Tapi, tahukah anda, snack ini ternyata bisa membuat kesehatan terganggu, khususnya anak-anak

Dilansir dari Detikhelat, Januari 2023 Kemenkes mendapat laporan satu kasus keracunan Chiki Ngebul di Jawa Timur. Kasus tersebut tengah diinvestigasi.

Baca Juga : Mulai Dilarang… Hegemoni Latto-latto Terancam Pudar

Jadi ada sekitar 10 kasus yang dengan gejala, jelas Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI Anas Ma’ruf dalam konferensi pers Jumat (1212023).

Disamping itu, ada juga kasus tahun lalu terkait Snack Chiki Ngebul yang sempat viral ini. Seorang anak yang terbakar karena terkena suhu ekstrim yang keluar cairan nitrogen.

pada November 2022, Kemenkes menerima laporan 23 kasus keracunan dari UPTD Puskesmas Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya. Namun hanya 7 yang bergejala, dengan 1 kasus harus dirujuk ke rumah sakit.

Dalam Video yang diunggah dokter Sarah di akun Tiktok pribadinya. Ia menjelaskan cairan nitrogen yang dituangkan dalam makanan harus sudah menguap sepenuhnya. Barulah bisa mengkonsumsi snack tersebut.

Baca Juga : Uang Panai Mahal, Perihal Hati atau Gengsi?

“Anjuran dari liquid nitrogen ini adalah ketika dia sudah dicampur dengan makanan. Maka si liquid nitrogennya ini menguap sepenuhnya dulu, baru boleh dikonsusmsi,” jelas Sarah

Mengapa demikian, nitrogen cair ini, mempunyai titik didih disuhu -196°C. Jika terkena kulit, mata hingga ke saluran pencernaan. Ini akan mengakibatkan Frost bite dan bisa merusak jaringan dan melepuh pada kulit yang terkena cairan nitrogen.