35 Ribu Warga Makassar Meriahkan Festival Jappa Jokka Cap Go Meh 2023

Sebanyak 35.000 warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) turut hadir memeriahkan festival Jappa Jokka Cap Go Meh 2023.
Sebanyak 35.000 warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) turut hadir memeriahkan festival Jappa Jokka Cap Go Meh 2023.

FILALIN, MAKASSAR – Sebanyak 35.000 warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) turut hadir memeriahkan festival Jappa Jokka Cap Go Meh 2023.

Para warga datang silih berganti sejak pagi hingga malam hari untuk menyaksikan kemeriahan festival tersebut.

Tradisi Jappa Jokka Cap Go Meh ini merupakan kegiatan tahunan yang dinanti-nantikan oleh warga Kota Makassar. Masyarakat pun mengaku sangat antusias untuk menyaksikan acara tersebut.

” Ramainya, lautan manusia. Mungkin karena barupi lagi digelar, saya memang suka hadir setiap cap Gomeh tiap tahun, cuma karena pandemi jadi baru sekarang diadakan,” kata Shaleh salah satu pengunjung, Minggu malam 5 Februari 2023.

Festival kuliner juga turut meramaikan acara ini. Ada sekitar 154 stand UMKM yang siap untuk memanjakan lidah para pengunjung, mereka menyediakan camilan hingga makanan yang mengenyangkan.

Jappa Jokka Festival Cap Go Meh 2023. Setelah sekian lama vakum akibat pandemi, event akbar pembuka tahun baru ini berhasil menarik minat masyarakat.

Pada acara puncak, Minggu, 5 Februari pagi yang diawali Jalan Sehat, dan Karnaval Budaya pada sore hari begitu dipadati warga. Masyarakat dari penjuru Makassar datang menikmati sajian budaya, hiburan, hingga kuliner.

Mereka tumpah ruah di Jalan Sulawesi yang menjadi pusat kegiatan hingga matahari kembali ke peraduannya. Puncak perayaan imlek ini pun berakhir damai dan lancar.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan momen tahun baru Imlek 2574/2023 dan Jappa Jokka Cap Go Meh 2023 ini menjadikan Makassar semakin kompak, inklusif dan mendunia.

Dengan hadir dan berbaurnya seluruh elemen masyarakat dalam perayaan itu menandakan persatuan masyarakat yang begitu kokoh.

Kondisi itu juga menunjukkan hidupnya kembali UMKM dan ekonomi masyarakat pasca pandemi. Apalagi terlihat dengan banyaknya kunjungan masyarakat dan tenant UMKM yang berpartisipasi. (***)