Bangkitkan Potensi Ekonomi Lokal, IOH Berdayakan UMKM di Lantebung Melalui Program Pelatihan Desa Digital IM3

MAKASSAR,FILALIN.COM,  – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tercatat mengkontribusikan lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia. Bahkan pascapandemi Covid-19, salah satu sektor yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi adalah UMKM. Keberadaan UMKM menjadi pilar penting untuk membangkitkan ekonomi Indonesia. Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”), melalui brand IM3, hari ini memberdayakan sejumlah UMKM di Desa Lantebung melalui program pelatihan “Desa Digital IM3”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi masyarakat Desa Lantebung sebagai salah satu desa yang memiliki potensi ekonomi di Kota Makassar.

Desa Lantebung sendiri memiliki sejumlah komoditas yang berpotensi untuk ditingkatkan. Sejumlah pegiat UMKM di sana telah mampu menghasilkan olahan kepiting rumahan, bawang, perikanan, bahkan memiliki potensi ekowisata mangrove yang dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan teknologi digital. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, IM3 hadir memberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pegiat UMKM Desa Lantebung seperti pemanfaatan media sosial, digital marketing, Indosat IDE Academy, jurnalistik dasar, fotografi dan videografi.

SVP Head of Region Kalimantan dan Sumapa Indosat Ooredoo Hutchison – Prio Sasongko menjelaskan, “Salah satu tujuan Indosat Ooredoo Hutchison adalah untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia, termasuk untuk di pedesaan. Kami yakin bahwa pemanfaatan teknologi digital akan berguna bagi warga desa, yang nantinya akan mendorong pertumbuhan bisnis para pegiat UMKM di Desa Lantebung. Ke depan, IM3 masih terus akan hadir di sejumlah desa, untuk terus memberdayakan warga setempat, khususnya para pelaku UMKM.” (*)