TK Islam Athirah Bukit Baruga Peringati Hari Batik Nasional dengan Memakai Baju batik

MAKASSAR,FILALIN.COM,  – TK Islam Athirah Bukit Baruga memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari Senin, 2 Oktober 2023.

Memperingati hari batik nasional bukan hanya guru, dan karyawan Sekolah Islam Athirah melainkan seluruh anak didik ikut memperingati hari batik nasional dengan menggenakan pakaian batik.

Dibuka dengan salah satu guru menjelaskan mengapa anak didik mengenakan baju batik pada hari ini padahal biasanya mengenakan seragam sekolah.

Salah satu guru, Husnul, mengatakan bahwa “Teman-teman mengapa yah hari ini kita tidak mengenakan baju seragam sekolah padahal kita kan tujuannya mau ke sekolah. ada yang tau teman-teman? Jadi hari ini hari memperingati hari batik nasional yang diperingati satu kali dalam satu tahun”,ucap Husnul.

Kepala TK Islam Athirah Bukit Baruga, Rahmawati S.Pd., M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan batik kepada anak didik sejak dini. Ia berharap, anak didik akan mencintai dan bangga dengan batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

“Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan. Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan batik kepada anak didik sejak dini agar mereka mencintai dan bangga dengan batik,” ucap Rahmawati.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh anak didik. Mereka tampak senang mengenakan pakaian batik.

Salah satu anak didik TK Islam Athirah Bukit Baruga, Nara, mengatakan bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan ini. Ia mengaku baru tahu bahwa batik memiliki berbagai macam motif yang indah.

9″Aku senang bisa ikut kegiatan ini. Aku baru tahu kalau batik itu ada banyak motifnya. Aku juga belajar cara membuat kerajinan batik,” ujar Nara.

Memperingati hari batik nasional ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak didik akan pentingnya menjaga dan melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia.

(*/Marissa Julianti Suharto Putri S.Pd)