Ratusan Bonsai Bakal Meriahkan Pameran Bonsai di Barru

BARRU, FILALIN.COM,  — Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Cabang Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan menggelar Pameran dan Kontes Bonsai. Event ini akan digelar di Alun-alun Kota Barru selama sepekan, pada tanggal 7-14 oktober 2023.

Pergelaran pameran dan kontes bonsai ini, merupakan event perdana setelah PBBI Cabang Barru dibentuk pada tahun 2022 lalu.

Dan rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Barru, Suardi Saleh.

Ketua Panitia Pemeran dan Kontes Bonsai Barru A. Nur Ahmad Maulana S,E mengatakan, event pameran bonsai ini dipastikan akan meriah, dikarenakan antusiasnya teman-teman komunitas bonsai di setiap daerah bakal ikut meramaikan acara ini.

“Ada sekitar 43 Komunitas bonsai di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat kita undang, dengan target sekitar 800 bonsai yang akan dipamerkan, namun ini bisa saja melebihi target, karena antusiasnya teman-teman pecinta bonsai yang akan ikut meramaikan event ini,” Ujar A.Ahmad, Kamis (5/10/2023).

Selain itu, Kata A.Ahmad, masyarakat juga bisa menyaksikan, menikmati, bahkan membeli bonsai yang dipamerkan. “Padan tanggal 10-14 Oktober nanti dibuka untuk umum, jadi pengunjung bisa melihat langsung bahkan bisa membeli bonsai”, ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini digelar, selain untuk mewadahi komunitas penggemar bonsai di Barru, juga sebagai ajang silaturahmi antar pencinta tanaman bonsai yang ada di daerah Sulsel dan Sulbar.

“Hampir seluruh pencinta bonsai di daerah Sulsel dan Sulbar akan hadir meramaikan ini, dengan membawa bonsai-bonsai terbaik mereka. Tentunya ini merupakan ajang silaturahmi yang baik bagi sesama penghobi bonsai,” Katanya.

Seperti diketahui pameran bonsai ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas prospek dan regional. Penilaian kontes dilakukan oleh tim juri nasional dari PPBI Pusat. Dan tentunya setiap bonsai yang masuk nominasi terbaik akan mendapatkan sertifikat, tropi dan uang pembinaan.

adapun kriteria penilaian dalam kontes bonsai ini dilihat dari kesehatan pohon, karakter, arah gerak, dimensi, dan proporsi. Semua penilaian itu dari akar, batang, cabang, anak cabang, anak ranting, cucu ranting, hingga daunnya. (*)