AKSES KEUANGAN MERATA, MASYARAKAT SEJAHTERA Puncak Bulan Inklusi Keuangan di Makassar

MAKASSAR,FILALIN.COM,– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama seluruh pemangku kepentingan terus mendorong perluasan akses keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia (SNLIK) tahun 2022, indeks inklusi keuangan masyarakat Sulawesi Selatan telah mencapai 88,57 persen (nasional: 85,10 persen), namun indeks literasi keuangan Sulawesi Selatan tercatat masih sebesar 36,88 persen (nasional: 49,68 persen), lebih rendah jika dibandingkan nasional (49,68 persen), untuk itu terus dilakukan upaya dalam akselerasi peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan untuk mencapai target inklusi Keuangan pada tahun 2024 sebesar 90%.

OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (FKIJK Sulselbar) menggelar acara โ€œFinancial Expo (FinExpo) BIK 2023 dengan tema โ€œAkses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahteraโ€ sebagai puncak rangkaian kegiatan BIK di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. FinExpo BIK 2023 dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada hari Sabtu-Minggu tanggal 28 s.d. 29 Oktober 2023 bertempat di Anjungan Pantai Losari Makassar.

Sejalan dengan tema BIK 2023, โ€œKesejahteraan finansial merupakan fondasi bagi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Ketika individu memiliki kemampuan dan akses yang memadai dari sisi pendapatan, layanan keuangan, dan pengetahuan tentang literasi keuangan, maka mereka cenderung dapat lebih memenuhi kebutuhan dasar mereka,โ€ kata Darwisman dalam sambutannya.

Turut hadir pada malam puncak FinExpo BIK 2023 Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dr. H M Amir Uskara, M.Kes, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si, Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, Bupati dan Walikota se Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, pimpinan Lembaga Jasa Keuangan, Asosiasi, UMKM, dan masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya.

Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada OJK dan FKIJK Sulselbar atas terselenggaranya kegiatan BIK 2023 dengan sukses. โ€œSaya menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan komitmen dari OJK beserta Industri Jasa Keuangan di Sulawesi Selatan dalam meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan dan mendukung program priroritas pemerintah,โ€ Ujar Bahtiar.

Rangkaian kegiatan FinExpo BIK meliputi kegiatan Expo IJK & UMKM, Literasi dan Edukasi Keuangan, simbolik penyerahan penyaluran kredit kepada pelaku UMKM, coaching clinic dan talkshow, fashion show, fun walk, senam bersama, hiburan dan berbagai kegiatan perlombaan menarik lainnya. (*)