Sirkuit Bukit Baruga Dipersiapkan Sebagai Destinasi Wisata Offroad Berskala Nasional

MAKASSAR,FILALIN.COM, — Bugis Waterpark Adventure (BWP) salah satu destinasi wisata air unggulan di Kota Makassar ternyata memiliki potensi destinasi wisata adventure lainnya. Hal itu terlihat dari kesuksesan pelaksanaan kejuaraan daerah (Kejurda) Indonesian Offroader Federation (IOF) Sulsel bertajuk The Mayor Offroad Extreme (The MOX) di kawasan BWP, tepatnya sirkuit Bukit Baruga, Antang pada Selasa – Rabu, 26 – 27 Desember lalu.

Puluhan jawara offroader dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan ikut meramaikan event tersebut. Di lahan seluas 7 hektare itu, Kalla Land & Property yang menaungi Bukit Baruga dan BWP berencana membangun kawasan offroad terpadu. Kawasan offroad terpadu tersebut akan mengintegrasikan lintasan balap untuk mobil offroad, motor trail, remote controlled dan ATV.

Sales Residential Senior Manager Kalla Land, Iwan Richardo Nainggolan, menyampaikan sirkuit offroad yang terletak di kawasan BWP memang sangat potensial untuk menjadi destinasi wisata offroad. Bahkan, cocok dan layak menjadi arena offroad tingkat nasional. Pihaknya pun sudah merancang program untuk mewujudkan hal tersebut pada tahun mendatang.

“Ya arena ini memang sangat berpotensi, dapat menjadi tempat latihan maupun berkompetisi. Apalagi kan memang arenya cukup luas,” ungkap Olan, sapaan akrabnya, di sela event THE MOX di Sirkuit Bukit Baruga Antang pada Rabu, 27 Desember.

Olan tak menampik, bila sirkuit Bukit Baruga kini mulai banyak disukai oleh para offroader yang bertanding pada event The Mox tersebut. Ia menambahkan, BWP telah menyelenggarakan event serupa pada tahun 2016 silam.

“Pada tahun itu, manajemen BWP dan IOF Sulsel telah mencoba menjajal sirkuit Bukit Baruga ini, meski masih dalam skala yang kecil. Kemudian 2020, terhalang karena Covid 19, akhirnya baru tahun ini terealisasi untuk memperkenalkan kepada khalayak, khsususnya para offroader dan wisatawan BWP dalam skala nasional,” tambah Olan.

Manajemen Kalla Land & Property, lanjut Olan, berencana akan membuat arena offroad yang tidak hanya bisa diakses untuk IOF dan komunitas pecinta offroad semata. Melainkan arena tersebut dapat diakses khalayak ramai. Cukup membayar biaya pemeliharaan yang nantinya akan ditetapkan. Dalam arena itu, bakal ada zonasi bergantung pilihan masyarakat, mulai dari lintasan balap offroad, motor trail, remote controlled hingga ATV.

Ketua IOF Pengda Sulsel, Adi Rasyid Ali, ikut memuji arena balap offroad di kawasan BWP. Diakuinya lintasan yang ada cukup menantang. Kejurda ini sendiri merupakan seri kedua, yang seri pertamanya terselenggaraq di Kawasan Tanjung Bunga.

“Bugis Waterpark Adventure ini dikenal sebagai destinasi wisata air, selama ini orang datang untuk berenang. Nah, kedepannya bisa menjadi wisata offroad. Jadi, ibu-ibunya pergi mandi, bapak-bapaknya bisa nonton (kejuaraan offroad),” ujar ARA, sapaan akrabnya.

Dalam kejuaraan ini, ARA menyebut ada 25 offroader potensial asal Sulsel yang ikut berkompetisi. Mereka memperebutkan total hadiah Rp75 juta. Diklaimnya terbesar untuk kejurda se-Indonesia.

ARA menargetkan tahun depan, Bugis Waterpark Adventure sudah masuk rekomendasi dari IOF Pusat untuk dijadikan venue Kejuaraan Nasional (Kejurnas). “Track dari sirkuit Bukit Baruga ini sudah sangat memenuhi kriteria yang dibutuhkan pelaksana. Insyaallah ada beberapa bagian yang perlu dibenahi agar bisa terpilih sebagai lokasi untuk event Offroad Championship berskala nasional di tahun 2024,” ucapnya.

Sementara itu, ketua panitia THE MOX, menyampaikan tidak ada kendala berarti dalam persiapan maupun penyelenggaraan kegiatan. Sejumlah offroader disebutnya ada yang mengalami kerusakan mobil, tapi cepat diatasi karena memang sudah mempersiapkan mekanik.

Ia juga memuji arena lintasan offroad di sirkuit yang berada di kawasan BWP. Tidak kalah dari para offroader, para pengunjung diakuinya cukup antusias menyaksikan kompetisi balap mobil offroad yang memang cukup menegangkan. (*)