Dandim 1415/Selayar dan Dinas Pertanian Serahkan Alsintan untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

KEPULAUAN SELAYAR,FILALIN.COM,ย  – Dalam upaya memperkuat ketahanan pangan nasional, Dandim 1415/Selayar, Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, bersama Kabid Prasarana Sarana dan Penyuluhan (PSP) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar, Muhammad Agus, S.Pt, menyerahkan alat mesin pertanian (alsintan) berupa pompa air kepada sejumlah kelompok tani di daerah tersebut, Sabtu (22/06/2024) siang.

 

Penyerahan bantuan alsintan ini berlangsung di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar di Jalan DR. Sam Ratulangi No. 17, Kelurahan Benteng Selatan, Kecamatan Benteng. Program ini merupakan bagian dari Satgas Antisipasi Darurat Pangan Nasional yang digagas oleh Kementerian Pertanian dan TNI AD. Inisiatif ini juga merupakan program unggulan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, yang bertujuan untuk mencapai swasembada pangan dan ketahanan pangan nasional.

 

“Alsintan yang kami serahkan hari ini merupakan bentuk dukungan nyata terhadap program nasional. Saya harap alat ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” ujar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo dalam sambutannya. Beliau juga menegaskan bahwa Babinsa Kodim 1415/Selayar akan terus membantu dan mengawasi pelaksanaan program ini di lapangan.

 

Bantuan alsintan diberikan kepada lima kelompok tani, dengan rincian sebagai berikut:

 

– Daeng Pasolong, Ketua Kelompok Tani Lembang-lembang di Desa Kembang Ragi, Kecamatan Pasimasunggu, menerima 1 unit pompa air merk MBI-P 100 Yanmar 8,5 HP.

– Kamalia, Ketua Kelompok Tani Mutiara Hijau di Desa Bonto Baru, Kecamatan Pasimasunggu Timur, menerima 1 unit pompa air merk MBI-P 100 Yanmar 8,5 HP.

– Suardi, Ketua Kelompok Tani Bonto Tallu di Desa Bontomalling, Kecamatan Pasimasunggu Timur, menerima 1 unit pompa air merk BEJE BJ 30.

– Suardi, Ketua Gabungan Kelompok Tani Makmur Jaya di Desa Bontomalling, Kecamatan Pasimasunggu Timur, menerima 1 unit pompa air merk MBI-P 100 Yanmar 8,5 HP.

– Daeng Maโ€™gau, Ketua Kelompok Tani Timbula di Desa Bontomalling, Kecamatan Pasimasunggu Timur, menerima 1 unit pompa air merk MBI-P 100 Yanmar 8,5 HP.

 

Suardi, Ketua Gabungan Kelompok Tani Makmur Jaya, menyampaikan rasa terima kasihnya. “Bantuan ini sangat berarti bagi kami. Dengan pompa air ini, kami berharap bisa meningkatkan hasil panen menjadi dua hingga tiga kali setahun. Terima kasih kepada Kementerian Pertanian, Kodim 1415/Selayar, dan semua pihak yang telah membantu kami.”

 

Muhammad Agus, S.Pt, Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Penyuluhan (PSP) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar, berharap agar dengan adanya bantuan ini, program ketahanan pangan nasional dapat berjalan lebih efektif dan membawa manfaat nyata bagi para petani di Kepulauan Selayar. (*)