Kolaborasi 10 Fakultas UIT Gelar PKM di Kab.Pangkep

MAKASSAR,FILALIN.COM, — Kolaborasi 10 Fakultas Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan Baksos di Dusun Mangempang Kelurahan Ma’rang Kecamatan Ma’rang Kab. Pangkep, Sabtu, 7 Septemnber 2024.

 

PKM ini dengan melibatkan 10 Fakultas dari 12 Fakultas yakni Fakultas Psikologi, Kebidanan, Fakultas Ilmu Soaial dan Ilmu Politik, Fak.Agama Islam, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Pasca Sarjana, Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian.

 

Kegiatan ini turut dihadiri Lurah Ma’rang, Andi Rita Welly, A.Ma, S.Sos, MM, 30 Masyarakat, Wakil Rektor I Drs.Hanafi A.Kadir, SKM, M.Kes, Istri Rektor, Asmah Abubakar, ST, Hj. Heriyati Dg Bau, SE, MM, MH, Dekan Farmasi Dr.Apt.Ajeng Kurniati Roddu, S.Si, M.Kes, Dekan Hukum Dr.Amiruddin Pabbu, SH, MH, Dekan FAI Dr. Nurmadiah, S.Ag, M.Pd, Ketua LPPM, Nismawati, S.Si, M.Kes, Wakil Dekan, Ka.Prodi, Dosen, Tendik, Mahasiswa.

 

Koordinator PKM , H.Gazali, SE, S.Sos, M.Si mengatakan Kolaborasi PKM dan Baksos ini, ide lahirnya nama kolaborasi ini berawal dari kelompok kecil Dosen Fisipol yang selama ini melihat kegiatan PKM selama ini terkesan hanya dilakukan oleh masing-masing Fakultas sehingga mencoba merubah pola itu dengan melakukan kolaborasi antar fakultas dengan salah satu tujuannya adalah berupaya membangun silaturahmi dan saling mengenal antar dosen di lingkup UIT, “ungkapnya.

 

Menurut H.Gazali,

bahwa Perguruan Tinggi mengemban tiga tugas utama kegiatan Akademik yaitu menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat atau dikenal Tridarma Perguruan Tinggi, ketiga Tridarma tersebut harus dilihat sebagai satu kesatuan yabg utuh dan tidak boleh dilihat secara parsial. Oleh sebab itu keberhasilan Perguruan Tinggi dalam menjalankan kegiatan akademiknya dapat dinilai dari kualitas pendidikan, Penelitian serta Pengabdian Kepada Masyarakat secara bersama-sama.

 

Selaku koordinator PKM mengucapkan banyak terima kasih kepada Lurah Ma’rang atas izin yang diberikan untuk melaksanakan kegiatan ini. Dan ucapan yang sama Wakil Rektor I Drs.Hanafi A Kadir, SKM, M.Kes, Dekan, Wakil Dekan, Ketua LPPM, Ka.Prodi, Dosen, terkhusus Dekan Hukum Dr.Amiruddin Pabbu, SH, MH, Hj.Heriyanti Dg Bau, SE, MM, MH yang telah mensupport kegiatan acara ini sehingga bisa berjalan sesuai diharapkan,” kata H.Gazali.

 

Wakil Rektor I UIT, Drs. Hanafi A Kadir, SKM, M.Kes mengatakan atas nama Universitas Indonesia Timur menyampaikan terima kasih banyak kepada Ibu Lurah dan warga yang menerima kami dan menyempatkan waktunya untuk hadir di tempat ini, mengucapkan banyak terima kasih atas kehadirannya dan dukungannya dan kasediaannya meluangkan waktunya bersama kami, dan kami menyampaikan terima kasih kepada ketua panitia pelaksana beserta jajarannya, Pimpinan Fakultas, Dosen berpartisipasi pada kegiatan PKM Kolaborasi Universitas Indonesia Timur.

 

Sesuai laporan dari panitia, saya atas nama Universitas Indonesia Timur memberikan apresiasi yang mendalam yang setinggi-tingginya kepada panitia dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini yang pertama kali PKM Kolaboratif yang dilaksanakan Universitas Indonesia Timur sejak UIT berdiri. Sekali lagi, kami atas nama Pimpinan Universitas Indonesia Timur, terima kasih atas setinggi-tingginya sebesar-besarnya kepada panitia terkhusus bapak ibu dosen yang berpartisipasi dalam PKM Kolaboratif, dan terima kasih banyak bapak ibu kepada pemateri yang memberikan pencerahan kepada kita semua dan kepada warga Kelurahan Ma’rang yang sempat hadir dan begitupun juga kepada MCI yang luar biasa mengarahkan acara ini,” kata Wakil Rektor I.

 

Lurah Ma’rang, Andi Rita Welly A.Ma, S.Sos, MM mengatakan tenyata ini acara besar yang pikir hanya mahasiswa yang datang didampingi 1 dan 2 orang Dosen ternyatan bukan mahasiswanya tapi yang melahirkan mahasiswa yang datang, orang-orang hebat semua yang hadir disini. Sekiranya saya tau seperti ini saya hadirkan semua masyarakat yang pernah menjalani pendidikan, dan saya akan mempromosikan Universitas Indonesia Timur itu hebat sebenarnya karena kenapa yang ada didalamnya itu orang-orang hebat.kebanggaannya begitu besar secara pribadi sebagai Kepala Wilayah,”ungkapnya.

 

Lurah Ma’rang, menyampaikan terima kasih banyak kepada pak Yunus menjembatani kegiatan ini sehingga mendapatkan suatu yang membuat kami bangga orang-orang hebat yang datang kemarin di Kelurahan Ma’rang dan begitu banyak Kelurahan di Kecamatan terpilih Kelurahan Ma’rang didatangani tamu-tamu hebat,” kata Andi Rita Welly.

 

Terima kasih banyak kepada pak Dosen,terima kasih semuanya atas kehadirannya karena kita melihat wilayah kami. Dan kami akan selalu siap dilingkungan manapun insya Allah akan terima dengan baik, ” kata Lurah Ma’rang.

 

Pada kegiatan PKM ini telah menghadirkan narasumber yakni Fakultas Hukum, Dr. Mira Nila Kusuma Dewi, SH, LLM, M.Kn, Fakultas Farmasi, Hasrida, S.Farm, M.Kes, Fakultas Agama, Dr.Damis, S.Ag, M.Ag.

 

Di acara ini, Wakil Rektor I Drs Hanafi A Kadir, SKM, M.Kes memberikan Plakat kepada Lurah Ma’rang, Andi Rita Welly, A.Ma, S.Sos, MM, Istri Rektor, Asmah Abubakar, ST, juga memberikan Cendera mata kepada Lurah Ma’rang, Dekan Fakultas Hukum Dr Amiruddin, SH, MH memberikan beras kepada masyarakat secara simbolis diwakili Lurah, Hj.Heriyanti Dg.Bau, SE, MM, MH memberikan sumbangan Masjid Ma’rang Rp. 5.000.000 kepada pengurus Masjid, dan Moh. Yunus Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara telah mengumpul Donasi dari Dosen sehingga dapat terkumpul Rp. 1.350.000 lalu diserahkan pengurus Masjid Ma’rang.

 

(*/Humas UIT/Beddu Lahi, Gazali).