LPPM UIT Makassar Adakan Monev Penelitian Fundamental Reguler 2024

MAKASSAR,FILALIN.COM,– Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia Timur (LPPM UIT) Makassar Adakan Monev Penelitian Fundamental Reguler (PFR) di ruangan rapat LPPM Kampus I UIT, Jl. Rappocini Raya No 171-173 Makassar, Jum’at 25 Oktober. 2024.

 

Dosen yang di Monev masing-masing, 1.Dr.Henni Zainal, M.Pd, M.Si dengan judul “Strategi Indigenous Value Terhadap Pengembangan Desa Mandiri dan Berkelanjutan, 2. Dr. Mardia, SP, M.Si dengan judul ” Skenario Kebijakan Sistem Resi Gudang Komoditi Rumput Laut di Sulawesi Selatan Berbasis Sistem Dinamik, 3. Dr.Nani Harlinda Nurdin, M.Si dengan judul ” Model Strategi Institusi Dalam Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Di Sulawesi Selatan”, 4. Irma Halimah Bachtiar, SE, M.Si dengan judul ” Urgensi Penerapan Islamic Corporate Governance Terhadap Kinerja Desa Mandiri Sebagai Upaya Mitigasi Fraud Dana Desa”.

 

Monev Internal PFR dengan menghadirkan Guru Besar UNHAS Prof. Dr. Tuti Bahfiarti, S.Sos, M.Si.

 

Monev Internal PFR, Prof.Dr. Tuti Bahfiarti, S.Sos, M.Si mengatakan baru pertama kalinya di UIT 4 peneliti dosen yang memenangkan Riset di Kementerian, karena tahun sebelum tidak ada yang masuk Fundamental hanya PKM dan PDP baru ini muncul, perlunya meningkatkan Coaching kompetensi dosen untuk meningkatkan Hibah reguler ini di tahun 2025.

 

Menurut Prof, ini sudah bagus dari datanya sudah terbukti dia memenangkan 4 Penelitian Fundamental sekaligus, karena di Perguruan Tinggi Swasta lain jarang bisa dapatkan Fundamental ini, karena fundamental sudah teriset yang agak ribet daripada Dosen Pemula, jadi Fundamental itu agak tinggi kelasnya untuk memasuki ada administrasi di Sinta yang eligible untuk memasukkan riset fundamental dan mengupdating data Sinta supaya banyak dosennya yang bisa mengambil riset fundamental, biar kita mau kalau kita tidak eligible tidak bisa masuk ke sistem itu,” ungkapnya.

 

“Sekarang ada tugasnya teman-teman Dosen dari UIT meningkatkan eligible di Sinta, maka kita updating Sinta dan Sinkronisasi agar bisa eligible karena Fundamental itu luar biasa, lumayan sulit, banyak orang di seluruh Indonesia kita berkompetisi bukan hanya di Makassar seluruh Indonesia, menang 4, yang selama ini hanya bermain level pemula bisa bermain di gread Fundamental, jadi semua nanti di tahun 2025 semakin banyak yang bisa memasukkan Hibah Fundamental, ” kata Prof Tuti Bahfiarti.

 

Ketua LPPM UIT, Nismawati, S.Si, M.Kes mengatakan kami sangat bersyukur tahun ini Universitas Indonesia Timur berhasil meraih beasiswa Penelitian Fundamental Reguler (PFR) dengan empat judul penelitian. Hal ini merupakan suatu prestasi Universitas dan tentunya merupakan hasil kerja keras seluruh dosen dan peneliti. Hibah Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) ini tidak sekedar memberikan pendanaan, namun mengakui kualitas penelitian yang memenuhi standar tinggi. Kami menyadari bahwa program PFR memiliki standar yang lebih ketat.

 

Keberhasilan ini mencerminkan komitmen kami untuk meningkatkan kualitas penelitian, terutama di bidang yang berdampak luas terhadap kemajuan sosial dan ilmu pengetahuan. Melalui hibah DRTPM ini, kami berharap penelitian yang tim Dosen lakukan dapat semakin meningkatkan kualitas akademik dan memberikan landasan yang kokoh bagi pengembangan ilmu pengetahuan di Universitas Indonesia Timur,” kata Nismawati.

 

Kami di LPPM berkomitmen untuk terus mendukung upaya peningkatan kapasitas dan kualitas penelitian yang dihasilkan oleh masing-masing Dosen dengan senantiasa mengiringi Monitoring Evaluasi Internal dan menghadirkan guru besar UNHAS ibu Prof Dr. Tuti Bahfiarti, S.Sos., M.Si yang sesuai bidang ilmu tim peneliti untuk memberikan masukan pada masing-masing penelitian,” ungkap Ketua LPPM.

 

Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap kesuksesan acara ini terkhusus kepada Kemendikbudristekdikti yang telah mendanai 4 PFR Universitas Indonesia Timur, kepada Rektor dan jajarannya serta seluruh tim pelaksana. Mari kita lanjutkan Tridharma kita dan berbuat yang terbaik untuk Universitas Indonesia Timur dan bangsa Indonesia,” kata Ketua LPPM, Nismawati.

 

Monev ini turut dihadiri Kepala Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, Dewi Isnaeni, S.Si, M.Kes, Kepala Bidang Penelitian dan Publikasi, Dr.Andi Atrianingsih, S.IP, S.I.Kom, M.I.Kom. H.Gazali, S.Sos, SE, M.Si, Dr.Harlina, SP, M.Si, Supiati, SE, MM, Rusliana, SS, M.Hum.

(*/ Humas UIT/,Beddu Lahi).