Unjuk Rasa di Fly Over, Front Mahasiswa Nasional Tuntut KTT G-20 di Bali Dibatalkan

FILALIN-NEWS, MAKASSAR – Front Mahasiswa Nasional menggelar aksi demo dengan tema ”G20 Bukan Solusi, Tolak dan Bubarkan G-20”. Aksi tersebut berlangsung di bawah Fly Over Makassar, Selasa (15/11/22).

Ijun, selaku Jenderal lapangan, mengatakan, sebagai bentuk penolakan dan perlawanan atas rencana agenda KTT G-20 di Bali, maka rakyat Indonesia harus bersatu kembali pada kepentingan sejati rakyat dengan melakukan forum tandingan dalam bentuk musyawarah rakyat Indonesia dan bersatu dengan kepentingan rakyat dunia.

Front Mahasiswa Nasional tergabung dalam beberapa Aliansi Mahasiswa yakni, FIS-H UNM, AGRA SULSEL, FMN Makassar, SERUNI Sulsel, HMPS Pendidikan Ekonomi FEB UNM, HIMPOSEP FEB UNM, HIMAWIRA FEB UNM, BEM FIP UNM dan BEM FMIPA UNHAS.

Dalam orasinya, Ijun mengatakan agenda KTT G-20 kali ini memprioritaskan tiga isu utama, yakni rancangan kesehatan global, transisi energy terbarukan, dan transformasi.

“Akan tetapi para tuntutan menegaskan bahwa apakah prestasi G-20 dalam menangani ketiga isu tersebut?,” tegasnya.

Adapun tuntutan aksi yakni:

1. Tolak dan bubarkan G-20

2. Turunkan harga kebutuhan pokok rakyat

3. Turunkan harga BBM

4. Cabut UU cipta kerja dan segala aturan turunannya yang telah di nyatakan inkonstitusional bersyarat

5. Tolak RUU SISDIKNAS dan RKUHP

6. Hentikan tindakan represi dan anti demokrasi berikan jaminan kebebasan berpendapat dan menyampaikan aspirasi politik seluas-luasnya bagi rakyat

7. Hentikan perampasan ruang hidup

8. Bangun industrialisasi nasional yang berbasiskan pada kemenangan reforma agrarian sejati.

Penulis: Ramadhan Eka