Tuntut Hak Penyandang Disabilitas, Mahasiswa FIP UNM Turun ke Jalan

FILALIN, MAKASSAR – Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negri Makassar (UNM) memperingati Hari Disabilitas Internasional di Fly Over Makassar. Jum’at (02/12/22).

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNM ini menuntut pemerintah agar orang – orang Disabilitas mendapatkan hak yang sama seperti orang – orang non Disabilitas.

“Orang-orang disabilitas telah mendapatkan hak yang sama seperti orang – orang non disabilitas tetapi kenapa masih banyak terjadi tindakan diskriminasi secara tidak langsung,” ujar Dino, selaku Korlap, saat melakukan orasi.

Tindakan diskriminasi secara tidak langsung ini terjadi di ranah pendidikan seperti sekolah yang masih menerapkan pembelajaran tanpa memperhatikan keterbatasan orang-orang disabilitas, di kampus juga terdapat orang – orang disabilitas tetapi dari pihak kampus tidak menyediakan jalan khusus untuk disabilitas pengguna kursi roda.

“Jangan pernah beranggapan bahwa orang-orang disabilitas adalah kotak amal berjalan, karena mereka mampu dan bisa dengan kemampuan spesial mereka,” pungkasnya.

Penulis: Ramadan