Tingkatkan Kompetensi Wartawan, Redaksi Filalin Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

FILALIN, MAKASSAR – Tim redaksi Filalin.com menggelar workshop jurnalistik bertajuk Empat Fakta Berita Menumbuhkan Semangat Jurnalis Muda Dengan Pelatihan Dasar Jurnalistik

Kegiatan ini menghadirkan Konsultan Media Zulkarnain Hamson yang juga wartawan senior dan peneliti jurnalistik, di Kantor Redaksi Filalin.com Jl. Toddopuli, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Senin (5/12/2022).

Direktur PT. Filalin Media Group Irwan Syarif mengatakan diselenggarakannya workshop jurnalistik ini guna meningkatkan kinerja dan kualitas wartawan Filalin.com

“Maka manajemen menghadirkan bapak Zulkarnain Hamson sebagai wartawan senior sekaligus konsultan dan peneliti jurnalistik,” ujar pria yang akrab disapa Irsaf tersebut.

Manajemen mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, tim redaksi Filalin dapat memahami etika jurnalis dan penerapan 4 fakta berita yg wajib di terapkan dalam karya jurnalistik.

Disela kegiatan Zulkarnain Hamson menyampaikan membangun kompetensi jurnalis bukan pekerjaan sekali jalan. “Pembobotan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di redaksi akan terus berjalan, jurnalis harus terus memperbaiki kualitas bacaan, kajian dan tulisan,” paparnya.

“Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini saya mencatat tidak kurang dari 600 jurnalis dan calon jurnalis yang ikut di kelas pembelajaran kursus saya,” paparnya.

Namun, kata dia, selalu harus diingatkan agar mengikuti kelas lanjutan, karena fenomena dan tuntutan pembaca juga terus berubah.

Direncanakan sampai akhir 2023, kelas pembelajaran bagi redaksi dan manajemen Filalin akan terus berlangsung.

“Target bukan hanya terverifikasi Dewan Pers, melainkan membaiknya kualitas dan karya berita yang dilahirkan,” ujar Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar itu.

Penulis: YSKA