Hari Anti Korupsi Sedunia, HMI Komisariat Unibos Tahan Mobil Truk

FILALIN, MAKASSAR – Hari anti korupsi sedunia jatuh pada Jumat 9 Desember 2022 di Makassar diwarnai aksi demonstrasi.

Pantauan Jurnalis Filalin.com , Aksi peringatan hari anti korupsi sedunia ini berlangsung di depan kampus Universitas Bosowa (Unibos) Makassar.

Sejumlah aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang di Koordinator Komisariat Unibos melakukan penutupan sebagian jalan Urip Sumohardjo yang membuat arus lalu lintas macet. Jumat (09/12/22).

Dalam aksinya komisariat HMI Unibos menyampaikan 5 tuntutannya. Diantaranya;

Pertama mendesak Kejaksaan Tinggi untuk melaksanakan fungsi dan wewenangnya untuk memberantas dan menyelesaikan semua tindak pidana korupsi di Sulsel.

Kedua, Mendesak Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel untuk melakukan pembenahan untuk mengembalikan marwah kejati sebagai instansi yang memiliki integritas tinggi.

Ketiga, Mendesak Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan proyek untuk memberantas semua proyek bermasalah di Sulsel.

Keempat, Mendesak Kapolda dan DPRD Sulsel, untuk menutup/memberhentikan untuk memberhentikan tambang ilegal di Sulsel yang merusak lingkungan

Kelima, Mendesak Kapolri mengusut tuntas jajaran petinggi Polri yang terlibat dalam tambang ilegal di Indonesia.

“Kelima tuntutan itu sudah melalui proses kajian yang panjang,” ucap Koordinator Komisariat HMI Universitas Bosowa Firman.

Para aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menahan satu mobil truk Serta membakar bang mobil bekas.

Penulis: RZL