Jelang Nataru 2022, Harga Bahan Pokok di Pasar Toddopuli Makassar Mulai Naik

FILALIN, MAKASSAR – Harga kebutuhan pokok di Pasar Toddopuli Makassar, Sulawesi Selatan mengalami kenaikan harga menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 adapun bahan pokok yang mengalami kenaikan harga yaitu Wortel dan Tomat di karenakan pasokan bahan pokok ke luar daerah meningkat, Selasa (20/12/22).

Kenaikan harga pada Wortel dan Tomat ini di sebabkan oleh terbatasnya bahan pokok ini akibat gagal panen para petani di musim penghujan dan terlalu banyaknya pengiriman bahan pokok ini ke luar daerah.

Kenaikan harga pada Tomat yaitu dari harga Rp8000/Kg menjadi Rp15.000/Kg dan kenaikan harga pada Wortel dari harga Rp7.000/Kg menjadi Rp14.000/Kg dan untuk harga Cabai tidak mengalami kenaikan di Pasar Toddopuli Makassar.

Salah satu pedagang kebutuhan pokok bernama H. Nurdin mengatakan harga Cabai tidak mengalami kenaikan namun Wortel dan Tomat mengalami kenaikan harga.

“Kalau Cabai tidak ada kenaikan harga tapi kalau wortel dengan Tomat mengalami kenaikan harga,” ucap Nurdin.

Dan Nurdin juga menambahkan kenaikan harga ini bukan hanya wortel dan tomat saja, kemungkinan besar bahan-bahan yang lain akan mengalami kenaikan harga seperti Jahe,Bawang Merah, Bawang Putih dan Jeruk Nipis.

Menurutnya bagi pedagang yang hanya memiliki sedikit modal dengan terpaksa hanya membeli setengah dari pembelian normal ke distributor.

Dari laman resmi Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementrian Perdagangan RI walaupun harga kebutuhan pokok pada bulan Desember 2022 ini mengalami kenaikan,namun harga kebutuhan pokok dari 20 November – 20 Desember 2022 mengalami penurunan.

Penulis: Ramadhan Eka