BPJS Kesehatan Stop Kerja Sama Dengan Klinik Cerebellum di Tahun 2023

Klinik Cerebellum. Foto: Ramadan

FILALIN, MAKASSAR – Beredar kabar BPJS Kesehatan Cabang Makassar tidak melanjutkan kerja sama dengan Klinik Cerebellum Makassar di tahun 2023 yang diterbitkan dalam surat dengan No: 3470/IX-01/1222 perihal pemberitahuan tidak perpanjang perjanjian kerja sama tahun 2023 yang di keluarkan per-tanggal 23 Desember 2022.

Dalam hal ini pihak BPJS Kesehatan Kota Makassar menjelaskan dalam surat Hak Jawab BPJS Kesehatan Kota Makassar bahwa Dalam hal tidak dilanjutkannya perjanjian kerja sama dengan klinik Cerebellum dikarenakan masih terdapatnya kewajiban yang belum diselesaikan sebagai mitra yang baik selama perjanjian kerja sama penyelenggaraan program JKN.

BPJS Kesehatan juga berkewajiban memastikan seluruh proses penyelenggaraan program JKN terlaksana secara akuntabel, transparan dan professional, perjanjian kerja sama antara Klinik Cerebellum dengan BPJS Kesehatan Kota Makassar berlaku untuk 1 tahun dan berlaku secara efektif sejak 01 Januari 2022 hingga 31 Desember 2022.

Sementara itu, Direktur Klinik Cerebellum Dr. dr. Yose Waluyo, Sp. KFR (K), menjelaskan alasan tidak dilanjutkannya kerja sama dengan Klinik Cerebellum. Kata dia, terdapat beberapa pelanggaran atau ketidaksesuaian komitmen kontrak kerja sama yang telah di sepakati.

“Kalau masalah pemutusan, pihak BPJS memberikan 2 poin yaitu tentang pelayanan dan administrasi pasien yang tidak berjalan dengan efektif,” ujarnya kepada Filalin, Selasa (27/12).

Dokter Yose juga menegaskan bahwa terdapat 7 poin kepatuhan yang di duga tidak sesuai dengan apa yang dikeluarkan pihak BPJS Kesehatan Cabang Makassar.

“Dari 7 poin kepatuhan ini kami mendapatkan nilai 100% pada November 2022 lalu, tapi yang menjadi pertanyaan kenapa sudah mendapatkan nilai 100% malah di tutup?,” tegasnya.

Dokter Yose juga menambahkan sebelum surat ini di keluarkan ia telah berkomunikasi dengan pihak BPJS untuk mencari jalan keluar, namun dari pihak BPJS tetap mengeluarkan surat tersebut.

Atas kejadian ini Dokter Yose berharap agar pihak BPJS Kesehatan Cabang Makassar bisa bekerja sama kembali dengan Klinik Cerebellum di Tahun 2023.

Penulis: Ramadhan