Hati-Hati, Kulit Kering Ternyata Berbahaya Loh!

(ist/int).

FILALIN, JAKARTA – Jangan sepelekan kulit kering. Kondisi seperti ini bisa menimbulkan resiko rentan terhadapkuman dan penyebab penyakit lainya.

Dikutip dari laman Hellosehat.com, kulit yang mengalami Xerosis cenderung lebih sensitive dan rentan terhadap kerusakan. Jika kulit anda amat kering dan tidak dirawat, ada sederet komplikasi yang mengintai, mulai dari infeksi bakteri, eksim (dermatitis atopic), hingga retakan kulit yang berdarah.

Lantas bagaimana cara mengengetahui resiko kulit kering? Yuk simak penjelasan berikut:

Baca Juga: Setia Hingga Akhir… Dua Sejoli Kompak Tenggak Racun

1. Menyebabkan Penuaan Dini

Kulit kering sangat mudah untuk terjadinya penuaan dini. Faktor pemicu kurang mengkonsumsi air mineral, terlalu berada di ruangan ber-AC, sering mandi air panas, hingga pengelupasan pada kulit. Dengan itu kulit membutuhkan pelembab, Istrahat yang cukup, serta olahraga ringan setiap hari.

2. Menyebabkan Penyakit Eksim (Dermatitis Atopic)

Eksim adalah penyakit kulit kronis (menahun) . Penyakit ini dapat membuat kulit merah meredang, bengkak, gatal, dan pecah-pecah. Bahkan, menggagu tidur dan aktifitas sehari-hari.

Baca Juga: Para Pejabat Utama Kabupaten Maros Pantau Kondisi Longsor di Desa Rompegading

Untuk menghindari munculnya penyakit eksim. Anda bisa hindari produk yang menimbulkan alergi pada kulit. Misalnya aksesoris, produk-produk yang mengandung zat pewangi, dan pembersih sejenisnya.

3. Faktor Rasial Terhadap Sifat Kulit

Meskipun kulit kering dapat ditemukan pada setiap ras namun tingkat keparahan xerosis dapat sangat bervariasi.

Melansir dari Majalah Farmasetika, Pengaruh ras terhadap sifat kulit. Beberapa dekade terakhir, telah dilakukan penelitian mengenai kelompok berdasarkan ras.

Perbedaan yang sangat jelas, yaitu dalam warna kulit sekunder terhadap keberadaan melanin. yang terkait dengan paparan sinar matahari. Beberapa penelitian juga menggambarkan pengaruh pigmentasi kulit karena faktor perubahan usia.