LINDUNGI OZON, PELINDO TANAM 20.000 POHON

MAKASSAR,FILALIN.COM, —  PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Subholding Pelindo Group menanam pohon di Maros untuk memperingati World Ozone Day 2023 dan rangkaian Hari Pelindo 2023. Ini adalah bagian dari Program Pelindo Penanam Pohon sebanyak 20.000 secara serentak di berbagai lokasi di Indonesia.

Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim Prasetyadi bersama jajaran manajemen PT Pelindo Jasa Maritim menanam sebanyak 2.500 pohon di Dusun Bonto Lempangan, Desa Purnakarya, Kec. Tanralili, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

“Hari ini secara serentak, SPJM bersama Pelindo Group serentak melakukan penanaman pohon dalam Program Pelindo Menanam Pohon sebanyak 20.000 di berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia serta bertepatan dengan memperingati Hari Ozon Intenational 2023. Maka dari itu PT Pelindo Jasa Maritim memilih Kabupaten Maros di Desa Purna Karya, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros sebagai lokasi penanaman 2.500 bibit, “Kata Prasetyadi dalam sambutannya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa yang dilakukan oleh SPJM berupa penanaman sebanyak 2.500 bibit pohon yang terdiri dari bibit durian, mangga, dan rambutan agar warga juga mendapatkan manfaat ekonomi selain penghijauan.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti dengan sangat antusias oleh Bupati Kabupaten Maros, HAS Chaidir Syam dan Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari.

Menyambut kehadiran Pemerintah Kabupatan Maros, Prasetyadi melanjutkan, “Terima Kasih atas kehadiran Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati Maros beserta seluruh jajaran perangkat daerah, ini sebuah kehormatan untuk kami di PT Pelindo Jasa Maritim atas berkenannya 2 pimpinan daerah Pemerintah Kabupaten Maros berkenan hadir langsung.”

Sangat senang hati kami dihadiri lengkap dan semoga ini jadi awalan baik untuk Pelindo secara umum dan untuk SPJM secara khusus, lanjut Prasetyadi.

Bupati Maros Chaidir Syam yang hadir didampingi istrinya, Ulfiah Chaidir Syam, mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pelindo Jasa Maritim atas penyelenggaraan kegiatan ini. Ke depan kami selalu siap membantu SPJM utk kegiatan selanjutnya di bidang lingkungan.”

Kegiatan yang juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pelindo 2023 ini dilakukan di beberapa lokasi secara serentak se-Indonesia pada tanggal 16 September 2023. Seluruh Subholding dan Regional yang tergabung dalam Pelindo Group bergerak bersama untuk memperingati Hari Ozon Internasional yang dimasukkan dalam rangkaian berbagai kegiatan Hari Pelindo 2023.

Sebagai informasi, World Ozone Day 2023 berawal dari penandatanganan Protokol Montreal pada 16 September 1987 yang intinya adalah menghapuskan penggunaan chlorofluorocarbon atau CFC secara bertahap.

Dilansir dari laman United Nations Environment Programme (UNEP) atau badan PBB untuk program lingkungan, bertemakan “Montreal Protocol: memperbaiki lapisan ozon dan mengurangi perubahan iklim”.

Bibit pohon produktif ini diharapkan dapat tumbuh subur sehingga mampu mereduksi polutan dan dapat berkontribusi melindungi lapisan ozon bumi. Lapisan ozon yang menipis menyebabkan lubang ozon dan berbahaya bagi kehidupan Bumi. SPJM melalui kegiatan ini juga mengkampanyekan pentingnya kesadaran akan pentingnya menjaga lapisan ozon di Bumi dengan memberi kontribusi nyata berupa penanaman pohon.

Hadir dalam kegiatan tersebut, karyawan Pelindo Jasa Maritim yang berada di Makassar dan sekitarnya sebagai upaya Perseroan turut berkontribusi aktif dalam setiap gelaran aksi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Semoga semua bibit pohon yang ditanam hari ini dapat tumbuh dengan baik dan ke depannya, dapat melindungi lapisan ozon dan membawa manfaat besar lainnya bagi kelangsungan kehidupan di bumi kita,” ujar Prasetyadi.

Gerakan ini diharapkan akan mewujudkan lingkungan yang lebih bersih akibat penyerapan polusi udara oleh pepohonan guna mencapai target emisi nol pada 2060 mendatang serta untuk menjawab isu dekarbonasi. (***)