Basarnas Gelar Rakorda Di Tanah Toroja

TATOR, FILALIN.COM, — Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas Makassar) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (RAKOR) SAR Daerah di kabupaten Tana Toraja, Selasa (31/10), bertempat di Aula Hotel Grha raf Tana toraja.

Rakor SAR kali ini mengangkat Tema “Melalui Rapat Koordinasi SAR Daerah (RAKORSARDA) Kita tingkatkan kesiapsiagaan Sar dan sinergitas dalam menghadapi kecelakaan dan bencana Hydrometeorologi tahun 2023″.

Rapat koordinasi kali ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara dan juga beberapa organisasi berpotensi Sar yang berada di Toraja.

Kegiatan Rakor SAR dibuka oleh Wakil Bupati Tana Toraja Bapak dr. Zadrak Tombeq, SP. A. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Toraja ini merupakan daerah tujuan wisata, masyrakat dan wisatawan akan merasa nyaman dengan adanya Basarnas dengan dukungan dari semua pihak.

“Penanganan kecelakaan dan musibah dapat dilaksanakan secara terpadu oleh karena itu koordinasi perlu terus kita tingkatkan dan terus dipelihara dengan baik agar penyelenggaraan Operasi Sar lebih efektif dan efesien,” ucap Zadraq.

Pada rapat koordinasi di Toraja kali ini juga dirangkaikan dengan peresmian gedung Unit Siaga Sar Toraja. Gedung yang dipinjamkan oleh Pemerintah Kabupaten Tana Toraja ini berada di jalan poros rante lemo Tana Toraja. Penempatan Pos Unit Siaga Sar Toraja bertujuan untuk mempercepat respon time dalam pelaksanaan Operasi Sar yang terjadi di wilayah Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang dan sekitarnya. (*)