DIREKTUR UTAMA SPJM PAPARKAN EFISIENSI ENERGI PADA BUSINESS EMBASSY FORUM OF DENMARK

MAKASSAR,FILALIN.COM, — – Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) bagian dari Pelindo Group Membahas Efisiensi Energi dalam Business Forum yang diselenggarakan Embassy of Denmark.

Direktur Utama SPJM, Prasetyadi menghadiri secara langsung kegiatan bertemakan Green Shipping & Energy Efficiency yang diselenggarakan oleh Embassy of Denmark di Jakarta untuk menggelar kegiatan forum bisnis dengan berbagai stakeholder Maritim. Forum tersebut mengangkat pembahasan seputar bagaimana mengifisiensikan energi di sektor maritim. Hal ini disambut baik oleh para tamu forum bisnis tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, forum bisnis ini bertujuan untuk mensinergikan hubungan G2G dan kemitraan komersial dalam rangka merayakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Bidang Maritim dengan Menteri Koordinator Maritim & Investasi RI dan Menteri Pendistribusian, Urusan Bisnis dan Keuangan Denmark. Sementara itu, Direktur Utama SPJM menyambut dengan gembira undangan Kedutaan Besar Denmark tersebut karena bisa bertemu dengan stakeholder yang dihadiri oleh PT ASDP Ferry Indonesia, Indonesian National Ship Owner Association (INSA), serta para praktisi komersial dan berbagai instansi pemerintahan terkait.

Prasetyadi dalam pemaparannya, mengawali dengan menjelaskan profil Perusahaan yang dipimpinnya, mulai dari struktur organisasi secara menyeluruh, area operasional, strategi green ports pada Stream Marine, Equipment dan Port Services (MEPS). Tak lupa ia juga memberikan gambaran terkait program elektrifikasi peralatan pelabuhan dan kapal di lingkup entitas SPJM yang diharapkan akan dapat mewujudkan green port melalui Elektrifikasi peralatan dan kapal pelabuhan.

“Potensi Elektrifikasi saat ini dengan sejumlah 125 Pelabuhan di seluruh Indonesia dengan 310 alat bongkar muat, “Ungkap Prasetyadi.

Selain itu, Prasetyadi melanjutkan, listrik yang tersebar yaitu 126 atau 41% dan diesel yaitu 184 atau 59%. SPJM juga mengelola Kapal Pandu dan Tunda dengan total 228 Unit, sejalan dengan itu SPJM juga terus mendorong green port dengan penerapan shore connection.’’

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Mr. Sten Frimodt Nielsen menyampaikan, “Kami dengan tulus berterima kasih kepada Direktur Utama SPJM, Bapak Prasetyadi telah menjadi salah satu pembicara terkemuka di forum bisnis mengenai Pengiriman Ramah Lingkungan & Efisiensi Energi yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia & Otoritas Maritim Denmark, semoga bisa terus menjalin silaturrahmi dan hubungan bisnis kedepannya.”

Dalam kegiatan ini peserta yang hadir dari berbagai perusahaan yaitu PT ASDP Ferry Indonesia, Indonesia National Ship Owner Association (INSA), Danish Maritime Authority Stakeholder, Wakil Menteri Bidang Energi & Kedaulatan Maritim Kemenko Marves dan Direktur Jenderal Otoritas Maritim Denmark.

Melalui Kegiatan ini komitmen manajemen SPJM untuk terus meningkatkan hubungan baik antar pengguna jasa, momentum kegiatan ini juga mendapat prespektif positif kepada SPJM dan Pelindo secara umum untuk bisa menjaga hubungan baik antar lembaga baik secara nasional dan internasional. (*)