Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri

MAKASSAR,FILALIN.COM, — HIMA BK FIP UNM sukses melaksanakan kegiatan Pekan Kompetisi Nasional (PETIK BK) 2023 yang mengusung tema “Peran Bimbingan dan Konseling di Era Merdeka Belajar Sebagai Solusi Inovatif dalam Pendidikan Sepanjang Hayat”. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 12 November – 8 Desember 2023 dengan beberapa rangkaian acara, mulai dari pendaftaran, pengumpulan karya, seleksi karya, pengumuman lima besar, technical meeting, dan pengumuman pemenang lomba sekaligus dengan penutupan.

Akbar Gibran Yusri, selaku ketua umum Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (HIMA BK FIP UNM) Periode 2023-2024 mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang diselenggarakan sebagai wadah bagi mahasiswa (i) secara umun dan mahasiswa (i) program studi Bimbingan dan Konseling secara khusus untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang pendidikan khususnya di bidang Bimbingan dan Konseling.

Kegiatan ini merupakan kegiatan bertaraf nasional yang diikuti 53 peserta, yakni mahasiswa (i) secara umum dan secara khusus mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini, beberapa cabang lomba yang diperlombakan yakni Praktek BK kelompok, essai, poster, dan video edukasi. Kegiatan ini sukses dilaksanakan dan dari setiap cabang lomba terdapat 3 pemenang, yaitu juara I, juara II, dan juara III dengan benefit berupa uang pembinaan + e-sertifikat.

“Alhamdulillah, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar karena adanya dukungan dari banyak pihak terutama dari pihak Jurusan Psikilogi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar dan tentunya kerja keras dari panitia pelaksanan serta pengurus Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (HIMA BK FIP UNM) Periode 2023-2024”, ucap Muhammad Umar Muhlis, selaku ketua panitia.

Satu kebanggaan besar bagi keluarga besar Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan karena suksesnya kegiatan PETIK BK 2023 yang bertaraf nasional. Dengan suksesnya PETIK BK 2023 diharapkan mampu membawa nama jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar dikenali di seluruh Indonesia dan tentunya diharapkan akan semakin banyak yang minat terhadap program studi Bimbingan dan Konseling.

“Tentunya jurusan sangat mendukung penuh atas kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMA BK FIP UNM Periode 2023-2024, karena kegiatan ini sangat membawa pengaruh positif bagi mahasiswa (i) di seluruh Indonesia khususnya program studi Bimbingan dan Konseling dan kegiatan PETIK BK 2023 ini akan membawa nama baik jurusan di Universitas Se-Indonesia. Saya pribadi sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras panitia pelaksana dan pengurus karena tetap optimis dan penuh semangat serta tetap loyal untuk melanjutkan kegiatan ini meskipun banyak dinamika yang terjadi di dalamnya”, ucap Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd sebagai dosen pendamping HIMA BK FIP UNM Periode 2023-2024 sekaligus dalam hal ini mewakili ketua Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP Universitas Negeri Makassar.

Panitia pelaksana dan seluruh pengurus HIMA BK FIP UNM Periode 2024-2024 megucapkan selamat kepada seluruh pemenang PETIK BK 2023 dari setiap cabang lomba yang ada, kiranya kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi semua pihak. (*)