Dosen dan Mahasiswa Fakultas Psikologi UIT Adakan Kunjungan di SLB Neg. 2 Makassar

MAKASSAR,FILALIN.COM, — Dosen dan Mahasiswa(i) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Timur (FP UIT) Makassar melakukan kunjungan Tridharma Perguruan Tinggi dalam Pengimplementasian Mata Kuliah Psikologi Klinis yang dirangkaikan dengan Pengabdian Masyarakat di UPT SLB Negeri 2 Makassar Senin, 29 Januari 2024.

 

Dosen Pendamping dan penanggung jawab kegiatan Andi Resvi, S.Psi., M.Kes, mengatakan kegiatan kunjungan ke sekolah SLB ini sudah menjadi bagian dari materi pembelajaran mata kuliah psikologi klinis yang relevan dengan Program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam hal ini Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

 

Andi Resvi, berharap semoga mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini dapat memetik pelajaran berharga, karena dilapangan nantinya adik-adik mahasiswa akan memberikan berbagai jenis permainan untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi Anak-anak Berkebutuhan khusus (ABK) khususnya permasalahan dalam belajar dan permasalahan dalam kehidupan sosialnya.

 

Terapi bermain adalah bentuk konseling atau psikoterapi dengan menggunakan permainan guna mengamati serta mengatasi berbagai masalah kesehatan mental dan gangguan perilaku. Terapi ini utamanya digunakan untuk anak-anak berusia 3-12 tahun. Sebab pada usia tersebut, anak-anak cenderung tidak mampu mengelola emosinya sendiri maupun menyampaikan apa yang ia rasakan pada orang tuanya. Anak-anak belajar memahami dunia dan lingkungannya melalui permainan. Ketika bermain, anak-anak dapat dengan bebas menunjukkan perasaan batin dan emosinya,” kata Andi Resvi.

 

Mata Kuliah Psikologi Klinis adalah bidang Ilmu Psikologi Terapan yang bertujuan memahami, mencegah, dan mengurangi ketidakmampuan, gangguan dan ketidaknyamanan yang menimbulkan masalah psikologis dalam penyesuaian dan perkembangan pribadi manusia. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengenali dan memahami persoalan-persoalan yang dialami anak-anak berkebutuhan khusus utamanya dalam hal belajar dan interaksi sosialnya, mahasiswa juga diharapkan mampu mengetahui, memahami dan menerapkan jenis-jenis terapi bermain dalam penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), diharapkan juga bahwa mahasiswa tau cara memperlakukan dan menangani anak-ABK dilingkungan mereka, “kata Andi Resvi.

 

Alhamdulillah, kegiatan kami disambut Antusias oleh Pihak UPT SLB Negeri 2 Makassar, berhubung Kepala Sekolah tidak hadir karena bertepatan adanya kegiatan dinas sehingga kedatangan kami disambut

Wakil Kepala Sekolah, Abdul Rahman, S.Pd.,M.Pd. beserta Jajaran Guru-guru dan staf sehingga kegiatan kami ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 21 orang diantaranya peserta didik dari tingkat SD 5 orang, SMP 5 orang dan SMA 11 orang, kesemuanya sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Dosen dan Mahasiswa yang berperan hadir dalam kegiatan ini sebanyak 12 orang, “ucap Andi Resvi.

 

Hal senada dikemukakan Dosen Pendamping, Zulfikar, S.Psi, M.Kes, M.I.Kom mengatakan kegiatan ini merupakan Tridharma Perguruan Tinggi, dimana kegiatan ini memuat dua Tridharma sekeligus yaitu Pengajaran dan Pengabdian Kepada Masyarakat, kegiatan ini mengimplementasikan program Pemerintah dengan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa aktif terlibat langsung ke lapangan untuk mengaplikasikan materi dan teori-teori mata kuliah yang didapat di kampus, mahasiswa dituntut untuk Merdeka Belajar. Mahasiswa terlibat langsung dalam memberikan dan memandu kegiatan terapi bermain yang alat dan bahan yang dibutuhkan kesemuanya sudah dipersiapkan dan nantinya diberikan kepada anak-anak peserta didik di SLB Negeri 2 Makassar, ” Ujar Zulfikar.

 

Wakasek SLB Neg 2 Makassar, Abdul Rahman, S.Pd., M.Pd, sangat mengapresiasi dan menyambut baik dan positif dari kegiatan yang dilaksanakan Dosen dan Mahasiswa Fakultas Psikologi UIT Makassar,

 

Abdul Rahman, berharap bahwa kegiatan yang seperti ini terus dilakukan karena ini sangat positif dan sangat dibutuhkan oleh anak-anak ABK di sekolahnya, karena terapi bermain sambil belajar sangat cocok dalam menangani dan mendidik anak-anak berkebutuhan khusus karena materi pelajaran yang disampaikan dapat diterima dengan baik pada anak didik, ” ungkapnya.

 

Guru pendamping peserta didik dalam kegiatan ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan yang seperti ini memang dibutuhkan karena sangat bernilai positif bagi perkembangan peserta didik karena terapi bermain yang diberikan sangat berhubungan dengan materi pelajaran, seperti mengenal warna, mengenal bentuk, menggambar, senam sambil bernyanyi, anak-anak bermain sambil belajar, melatih motorik kasar dan melatih fokus mereka. Kegiatan ini sangat bagus dan kami tunggu kedatangan selanjutnya, “kata Nur Asiah.

 

Dekan Fakultas Psikologi UIT, Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si dan Ketua Program Studi Psikologi Bapak H. Andi Tajuddin, S.Psi., M.Si., M.Kes, sangat mengapresiasi positif kegitan Tridhama Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa ini, namun keduanya belum sempat hadir berhubung adanya kegiatan kampus yang bertepatan dengan jadwal kegiatan kunjungan kali ini.

(Humas UIT/ Beddu Lahi, Dosen Fakultas Psikologi UIT/Zulfikar)