Memasuki Tahun Ke-7, Pengguna Dana Capai 150 Juta

Senior Brand Marketing Manager DANA Lim Wimawan Kusuma dan Head of Communication DANA Indonesia Sharon Issabella.

MAKASSAR,FILALIN.COM, –Sejumlah platform dompet digital mencatatkan kinerja transaksi QRIS cukup positif. Beberapa platform dompet digital yang merasakan kinerja positif tersebut, yakni DANA.

DANA saat ini menjadi salah platform Dompet Dogital terbesar di Indonesia, tercatat ada 170 juta akun pengguna terdaftar.

Head of Marketing DANA Indonesia Lim Wimawan Kusuma mengatakan sejak 2018 pertama launching hingga saat ini pengguna dan transaksi terus meningkat.

“Sudah mau di ulang tahun ke 7 Maret nanti, pada 2019 ke 2020 dari 10 juta pengguna dan 50 juta pengguna, Lalu tahun 2021 – 2023 kita luncurkan dana versi 2 bertumbuh 60 juta ke 150 juta.2024 dana berpartisipasi di regional dan global sebagai salah satu dompet digital terbesar di Indonesia. 170 juta pengguna terdaftar, 102 persen transaksi tahunan,” ujarnya Kamis (29/2/2024)

Dia menyampaikan perusahaannya mencatatkan pertumbuhan transaksi QRIS yang signifikan dari 2022 ke 2023, yaitu mencapai 272%. mengatakan jumlah pengguna mencapai 170 juta pada 2023 atau meningkat 23% dari tahun sebelumnya.

Kondisi ini menurutnya tidak hanya menunjukkan antusiasme para pengguna terhadap fitur yang dihadirkan, tetapi juga menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan yang ditawarkan DANA.

Salahsatunya menurut Lim, DANA juga membantu para pekerja migran di luar negeri untuk melakukan transaksi transfer ke Indonesia.

“Remitansi masuk membantu pekerja migran di luar negeri mau kirim ke rekening dana langsung masuk ke akun, otomatis ter convert,” ungkapnya.

Disisi lain Head of Communication DANA Indonesia Sharon Issabella mengatakan petumbuhan pengguna juga tumbuh pesat di Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Pertumbuhan positif ini juga terjadi secara khusus di daerah Sulawesi. Pada tahun 2023, pengguna dompet digital DANA tercatat meningkat sebesar 37 persen di daerah Makassar.

Sedangka secara umum, pada 2023 terjadi peningkatan sebesar 42 persen di daerah Sulawesi Selata seluruhnya jika bandingkan dengan tahun 2022,” jelasnya.

Sepanjang 2023, DANA alami pertumbuhan positif dalam beberapa fitur dan layanan keuangan yang dimiliki. Pertumbuhan transaksi ORIS yang signifikan pada tahun dari tahun 2022 ke 2023, yaitu mencapai 272 persen.

Sedangkan, fitur Kirim uang juga mengalami pertumbuhan sebesar 147 persen di tahun 2023. Pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital DANA, seperti DANA Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat.

Selanjutnya, pertumbuhan positif juga dirasakan merchant DANA yang mengalami kenaikan transaksi sebesar 90 persen (YoY), sementara jumlah UMKM yang menggunakan DANA bertumbuh sebanyak 37 persen (YoY)

“UMKM, lebih mudah menggunakan dana lebih efisien, mereka melihat fitur dana membantu para umkm, waktu transaksi meningkat 66 persen dibanding uang tunai.

Kenaikan penjualan mereka juga meningkat 20 persen sejak menggunakan dana, 35 persen umkm melaporkan efisiensi operasional, memperbesar usaha lebih dari 50 persen UMKM penjualan bertumbuh,” papar Sharon. (*)