Kenalkan Peran Bea Cukai ke Mahasiswa, Perpajakan Poltekbos Visit ke DJBC

MAKASSAR,FILALIN.COM,  – Puluhan mahasiswa perpajakan Politeknik Bosowa (Poltekbos) bertandang ke kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sulawesi Bagian Selatan, selasa(30/4/24).

 

Mahasiswa disambut dengan hangat oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Djaka Kusmartata.

 

Dalam sambutannya, Djaka Kusmartata memberikan pengantar yang menggugah, menyoroti peran strategis DJBC dalam mengelola sistem bea dan cukai di wilayah tersebut.

 

” Besar harapan kami para mahasiswa dan akademisi ini mampu mengenalkan lebih jauh tentang Bea Cukai, baik dari organisasi, tugas dan fungsi, hingga berbagai ketentuan kepabeanan dan cukai yang dijalankan,” sambutnya.

 

Selanjutnya,Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, turut memperkaya kunjungan tersebut dengan memberikan penjelasan terkait bagaimana DJBC melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman-ancaman tak terduga, seperti perdagangan ilegal dan penyebaran barang ilegal.

 

Dalam perdagangan internasional, Bea Cukai memiliki peran dalam pengawasan arus barang yang masuk dan keluar di Indonesia, serta pemungutan penerimaan negara berupa bea masuk, bea keluar, dan pajak dalam rangka impor.

 

Penjelasan tersebut memberikan gambaran jelas tentang pentingnya peran bea cukai dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

 

Dalam pelaksanaan tugas, Bea Cukai melakukan sinergi dengan instansi lain yang tugas dan fungsinya saling berhubungan.

 

Misalnya di sisi pengawasan, Bea Cukai bekerja sama dengan instansi yang bertugas di bagian kekarantinaan dan keiimigrasian untuk pengawasan barang antarnegara di bandara dan bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk pengawasan barang di perbatasan negara.

 

Edukasi ini bertajuk campus visit custom.

 

Menawarkan wawasan yang berharga kepada mahasiswa tentang operasional DJBC dan peranannya dalam ekonomi dan perdagangan internasional.

 

Setelah materi, dilakukan diskusi interaktif kepada mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan kompleksitas dalam menjalankan fungsi bea cukai.

 

Menurut Dosen Perpajakan, Ilham memaparkan kunjungan ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi mahasiswa Poltekbos untuk memperluas pengetahuan dan memungkinkan DJBC untuk memperkenalkan inovasi dan teknologi terbaru yang digunakan dalam operasional sehari-hari.

 

” Kunjungan ini tidak hanya menjadi sarana pendidikan, tetapi juga kolaborasi antara DJBC dan kalangan akademisi untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya bea cukai dalam mewujudkan penerimaan pajak yang tepat waktu dan keamanan perbatasan yang efektif,”pungkasnya. (*)