Rapat Dengan Menkeu Dan BI, OJK Pastikan SSK Tetap Terjaga

JAKARTA,FILALIN.COM, —Stabilitas Sistem Keuangan​ (SSK) Indonesia pada triwulan I-2024 masih dalam kondisi terjaga, didukung oleh kondisi fiskal, moneter, dan sektor keuangan yang stabil.

 

Di tengah meningkatnya ketidakpastian dan gejolak geopolitik global, OJK menilai stabilitas sektor jasa keuangan nasional tetap terjaga, didukung oleh permodalan yang kuat, likuiditas yang memadai, profil risiko yang manageable, serta kinerja sektor jasa keuangan yang relatif baik.

 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam konferensi pers KSSK bersama Menteri Keuangan Gubernur Bank Indonesia dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan Jumat, 3 Mei 2024.

 

Apa saja poin-poin Hasil Rapat Berkala KSSK terkait sektor keuangan? Yuk simak di postingan ini.

 

Poin-Poin Hasil Rapat Berkala KSSK II Tahun 2024

 

1. Sektor perbankan mampu menunjukkan resiliensi dengan permodalan yang tinggi dan kinerja intermediasi yang tetap positif.

 

2. Likuiditas perbankan pada Maret 2024 dalam level yang

memadai dengan kualitas kredit yang terjaga.

 

3. Di tengah ketidakpastian global dan prospek perlambatan pertumbuhan ekonomi global, kinerja pasar modal domestik cukup kuat di triwulan pertama tahun 2024.

 

4. Perkembangan Sektor Perasuransian, Penjaminan dan Dana

Pensiun (PPDP) menunjukkan peningkatan.

 

5. Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) juga menunjukkan perkembangan yang positif.

 

6. OJK tetap mewaspadai faktor-faktor risiko yang berpotensi

memengaruhi kinerja sektor jasa keuangan ke depan.

 

7. Untuk meningkatkan daya saing perbankan nasional, OJK

menerbitkan perubahan POJK mengenai Penetapan Status Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Bank Umum.

 

8. OJK juga telah menerbitkan POJK Nomor 4 Tahun 2024

tentang Laporan Kepemilikan Atau Setiap Perubahan Kepemilikan Saham Perusahaan Terbuka dan Laporan Aktivitas Menjaminkan Saham Perusahaan Terbuka.

 

9. OJK meluncurkan Roadmap Pengembangan dan Penguatan

Perusahaan Pembiayaan (PP) periode 2024-2028.

 

KSSK berkomitmen untuk terus meningkatkan sinergi dalam mengantisipasi risiko ketidakpastian ekonomi global dan potensi ketegangan geopolitik dunia yang eskalatif terutama rambatannya pada perekonomian dan sektor keuangan domestik, termasuk memperkuat coordinated policy response dan kewaspadaan untuk memitigasi berbagai risiko bagi perekonomian dan SSK. (*)