Social Movement #TemanLebihBaik Bersih-bersih Kanal Sinrijala Bersama Karin Novilda Awali Hari Pertama KYF 2024

MAKASSAR,FILALIN.COM, — Hari pertama Kalla Youth Fest (KYF) sukses diawali dengan pelaksanaan social movement dengan mengusung tagar #TemanLebihBaik, Sabtu (7/9/2024). Kegiatan tersebut digelar dengan aksi bersih Kanal Sinrijala Makassar bersama sekitar 400 relawan yang dirangkaikan pemasangan trash barrier.

 

Bersih-bersih kanal dimulai dari Kantor Lurah Bara-Baraya Timur, Kecamatan Makassar. Sebelum kegiatan dimulai, Marketing, Starategy & Digitalization Director KALLA bersama Plt. Kadispora Makassar, Andi Tenri Lengka menyerahkan secara simbolis bantuan trash barrier kepada relawan untuk dipasang di dua kelurahan, yakni Bara-Baraya Timur dan Bara-Baraya Selatan.

 

“Bantuan trash barrier ini bertujuan untuk lebih mempermudah petugas kebersihan atau warga dalam membersihkan kanal nantinya. Alatnya pun sudah teruji dan juga mengadopsi desain trash barrier yang dipakai Pandawara Group selama ini. Kita tentu berharap wilayah ini nantinya bisa menjadi lebih bersih dan lebih sehat,” tutur Zumadi.

 

Setelah penyerahan, para relawan pun langsung memasang trash barier dan membersihkan kanal sepanjang 800 meter. Social movement ini merupakan hasil kerja sama dari KALLA, Dispora Makassar dan Society of Renewable Energy (SRE) Unhas.

 

Aksi ini juga menghadirkan influencer Karin Novilda yang bergerak bersama warga dan relawan membersihkan kanal. Ia pun berharap, social movement seperti ini dapat menggerakkan lebih banyak orang lagi nantinya. Tak hanya bagio Gen Z, tetapi untuk semua kalangan usia.

 

“Saya memang selalu mengedukasi followers saya untuk melakukan social movement. Jadi, pas diajak sama KALLA datang ke Makassar untuk membersihkan kanal bersama warga, saya bilang ini bagus banget. Kita dapat mengedukasi masyarakat untuk peduli. Karena banyak warga yang justru tidak peduli dengan kondisi lingkungan mereka sendiri. Melalui social movement inilah kemudian bisa menjadi contoh bagi mereka bahwa ternyata banyak yang peduli dengan kondisi lingkungannya,” ujar Karin.

 

KYF akan digelar di Rooftop NIPAH PARK pada 7-8 September 2024 dengan tema “Rave The Planet” dengan mengusung konsep perayaan keberlanjutan. Aktivitas yang diselenggarakan, antara lain ajakan untuk turut serta memperingati dan mempromosikan kesadaraan akan pentingnya keberlanjutan, baik dalam konteks lingkungan, memperhatikan kesejahteraan sosial dan mempraktikkan kegiatan ekonomi yang bertanggung jawab.

 

Dengan konsep berkelanjutan, kegiatan ini akan menghadirkan berbagai konten menarik, diantaranya, Environment & Sustainability Talks, Panel Discussion, Local Performance, Environmental Workshops, Back o Back DJ Set, KALLA x Pemimpin.id, Environmentaly Concious Merchandise, Social Movement dan Fun Games.

 

Dalam sesi talkshow inspiratif di hari pertama dan hari kedua menghadirkan Zumadi SM Anwar selaku Marketing, Strategy & Digitalization KALLA, Andi Tenri Lengka selaku Plt. Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Kota Makassar, Faisal Suhaeli Kalla selaku Director Bumi Mineral Sulawesi, Vania Herlambang selaku Putri Indonesia Lingkungan 2018, Zansa Rahman selaku Managing Director Pemimpin.id, Karin Novilda selaku Influencer, Rahmat Ilhamsyah Mattalatta selaku Jet Ski World Rank 8th Kings Cup Thailand 2008, Ditto Percussion selaku Ironman Triathlon, Ria Lestari B selaku founder Artani Bulk Store, Rheza Adihusada selaku Founder & CEO Suryanesia, Rahmat Manggabarani selaku Ketua Umum BPD HIPMI Sulsel, Adrian Benhard selaku Business Development Manager Jejakin, Jemi Abdullah selaku Sekertaris Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel, Malvin Nemo selaku Professional Dive Instructor & Pemerhati Lingkungan Wilayah Pesisir dan Laut, Achmad Rosyadi Natsir selaku Business Development Department Head KALLA, Emir Wilangkoro selaku Finance Associantes KALLA serta Juang Manyala.

 

KYF juga turut menghadirkan berbagai penampilan dan kegiatan, pada hari pertama terdiri dari Final Class of Champions, Natinson, Pound Fitt, Juang Manyala Orchestra, PSM UNHAS x Paraga, Inspiring Talks : Panel Wellbeing, Inspiring Talks : Panel Environtment, Sinrilik dan dimeriahkan oleh Guest Star, Diphabarus. Kemudian di hari kedua, diantaranya, Final Debat, Fashion Show, DJ Gazy, Inspiring Talks : Panel ESG, penampilan DVY, MOU Signing Panel Surya, Inspiring Talks : Panel Sustainability dan ditutup dengan penampilan Guest Star DJ Winky Wiryawan. (*)