News  

Zulkarnain Hamson Konsultan Dampingi Filalin.com Siapkan Verifikasi Dewan Pers

Filalin, Makassar- Dalam proses penyiapan verifikasi Dewan Pers PT Media Filalin Media Group menunjuk Zulkarnain Hamson Konsultan sebagai pendamping dalam persiapan verifikasi dewa pers, Sabtu (26/11/2022).

Direktur Utama PT Filalin Media Group, Irwan Syarif mengatakan dengan adanya pendapingan konsultan media ini, akan membangun sumber daya manusia yang handal dalam bidang media.

“Adanya kerjasama ini, Filalin.com ingin membangun manajemen dan redaksi yang kompeten dan profesional. Kami memulai dengan pengembangan SDM, melaksanakan pelatihan – pelatihan jurnalistik yang akan dibimbing langsung oleh Pak Zulkarnain,” ujar Irwansyah.

Zulkarnain Hamson, pada kesempatan itu menyebutkan pendampingan sebagai konsultan bukan yang pertama. “Ini media keempat yang saya dampingi sepanjang tiga tahun terakhir,” ujarnya. Sembari menambahkan bahwa verifikasi Dewan Pers memang membutuhkan kesiapan.

“Pendampingan disepakati dalam bidang redaksi, dan manajemen redaksi,” ujarnya. Pada 2-3 Desember 2022, workshop penulisan berita akan diikuti sekira 15 awak redaksi dengan materi penulisan berita, mengenali fakta berita, dan etika pemberitaan. Sebagai hal yang dinilai penting bagi persiapan verifikasi Dewan Pers.

Evaluasi akan dilakukan pada Januari 2022, terhadap pencapaian kinerja pemberitaan oleh awak media Filalin. “Saya memiliki kewajiban pendampingan pada media dan awak media, agar pemberitaan menjadi lebih baik dan terhindar dari kekeliruan,” ujar Zulkarnain, yang juga dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia Timur (UIT), Makassar.

Penulis: YSKA