Mahfud MD: Ada Dugaan Teror ke Hakim Sidang Sambo

FILALIN, JAKARTA โ€“ Indikasi teror ke hakim Iman Wahyu Santoso menguat. Itu tak lepas dari viralnya rekaman video Iman Wahyu terkait vonis untuk Ferdi Sambo.

Indikasi itu dikuatkan Menkopolhukam, Mahfud MD. Melalui akun Instagramnya, Mahfud menilai jika video itu merupakan salah satu bentuk teror.

โ€œSementara ini saya menduga video itu merupakan bagian dari upaya untuk menteror hakim agar tidak berani memvonis Sambo dengan vonis yang berat,” ujar Mahfud dalam akun Instagramnya, Jumat (6/23).

Baca Juga: Viralโ€ฆ Vonis Sambo Bocor

“Logikanya, biar hakim ragu memvonis karena khawatir vonisnya dinilai sebagai hasil konspirasi karena sama dengan video yang telah viral viral. Saya dulu sering mengalami hal yang sama,โ€ sambungnya.

Mahfud kemudian menceritakan bahwa hal serupa pernah ia alami saat menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi. Saat itu, ia sempat mengadili Gubernur Maluku Utara yang digugat oleh Gafur.

โ€œTiga hari sebelum vonis, beredar berita bahwa Ketua MK Mahfud MD sudah dipanggil oleh Presiden agar gugatan Gafur dikalahkan,โ€ kata Mahfud.

Baca Juga: Hakim Sidang Sambo Terancam Sanksi Etik

Namun, Mahfud pada saat itu sudah paham bahwa terror yang ditujukan kepadanya bertujuan agar ia tak berani mengalahkan Gafur di pengadilan.

โ€œTetapi saya tak peduli, Gafur tetap kalah di MK. Wong saya tak pernah bicara perkara apa pun dengan Presiden SBY kok dituding saya bersekongkol dengan SBY,โ€ pungkasnya.