Baim Wong Laporkan Penipuan Berkedok Giveaway

Akhirnya Baim Wong Laporkan Giveaway Bodong

Filalin.com, Jakarta– Selebrita Baim Wong melaporkan giveaway bodong yang mengatasnamakan dirinya ke polisi. Sebab hal ini sudah sangat berdampak pada masyarakat luas.

Baim Wong bersama korban giveaway tersebut mendatangi Polda Metro Jaya pada hari ini. Ia melaporkan atas dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik dan memanipulasi data.

Suami Paula Vehoeven ini pun mengaku geram dengan penipuan berkedok giveaway yang memakai namanya. Terlebih, saat ini sudah ada 100 orang yang mengaku menjadi korban giveaway bodong tersebut.

Baca Juga: Mirip Pemeran Video Syur, Rezky Aditya Dipolisikan

Di konferensi pers Baim juga mengatakan ia sempat tak percaya dengan giveaway tersebut.

“Ada 140 juta, tadinya saya tidak percaya tapi saya mulai aware dan baru melaporkan sekarang,” ujar Baim Wong.

Sebelumnya, bapak dua anak ini sudah lama mengetahui hal tersebut. Ia sempat enggan ambil pusing menanggapi perkara ini.

“2018 polisi sempat nangkap cuman setelah itu banyak lagi. Saya sebenarnya bingung harus gimana. Tapi banyak yang ngadu ke saya,” kata Baim.

Sehingga, Baim memutuskan untuk melaporkan kasus penipuan berkedok giveaway ini ke polisi setelah salah satu warga negara Singapura ikut menjadi korban.

Pelaku akan disangkakan pasal 27 ayat (3) juncto pasal 45 ayat (3) dan atau pasal 35 juncto pasal 51 ayat (1) UU RI No.19 tahun 2016 tentang ITE. Laporan tersebut terdaftar dalam LP/B/300/I/2023/SPKT POLDA METRO JAYA.

Baca Juga: Terkuak! Alvin Faiz Bongkar Perselingkuhan Mantan Istrinya

Penipuan tersebut, misal mereka yang mengirimkan pesan singkat atau SMS palsu. Seperti SMS yang isinya menginformasikan sebagai pemenang sebuah undian, mendapatkan hadiah jutaan rupiah sebagai berkah Ramadan, hingga menawarkan jasa gesek tunai.

Contohnya, untuk hadiah utama pemenang akan diberikan Toyota Alphard, kedua Toyota Yaris, ketiga paket umrah, uang tunai Rp 100 juta, Yamaha N-Max, dan hadiah pulsa sebesar Rp 1 juta.

Dari SMS ini juga dicantumkan nomor PIN yang diberikan untuk pelanggan hingga nomor kontak pemberi hadiah. Selain itu juga ada tautan alamat website yang berisi informasi.

Kemudian ada SMS penipuan yang mengatasnamakan e-Commerce Shopee. Isinya, disebut mendapatkan hadiah sebanyak Rp 55 juta dan tautan promoramadhan27.blogspot.com.