QRIS Solusi Pembayaran Digital Satukan Kepulauan Nusantara

MAKASSAR,FILALIN.COM, — Bank Indonesia Prov. Sulawesi Selatan turut berperan aktif pada Festival Takabonerate Dive Camp 2023 yang berlangsung dari tanggal 26 -30 Oktober 2023 yg mengambil tema “Pesona Bahari Kemilau Budaya”

Adapun tempat pelaksanaan kegiatan Festival tersebut yaitu Kota Benteng Selayar, Pulau Jinato dan Pulau Tinabo dengan melibatkan warga disemua Kecamatan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Deputi Direktur Bank Indonesia Sulawesi Selatan.  Edy Kristianto, didampingi rekan-rekan Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dan Tim Pengelolaan Uang Rupiah.

Bank Indonesia Prov. Sulawesi Selatan salah satu mitra Pemda dalam kegiatan tersebut. Sebagai salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia dalam pengembangan Pariwisata dan Penguatan Ekosistem pembayaran digital dengan memberikan dukungan perlengkapan panitia dan mengkolaborasikan kegiatan yang inline dengan Program Kerja Bank Indonesia yaitu pelaksananaan User Exksperience Quick Resrponse Code Indonesian Standard (QRIS), Perlindungan Konsumen serta sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP).

QRIS adalah adalah standar QR Code pembayaran non tunai yang harus digunakan oleh semua penerbit QR Code baik bank maupun non bank dengan satu QRIS untuk semua.

Kegiatan User Exksperience QRIS bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan perbankan Selayar yaitu Bank Sulselbar, BRI, BNI dan Bank Mandiri dengan melakukan akuisisi terhadap UMKM peserta Festival Takabonerate maupun UMKM/pelaku usaha yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal ini bertujuan agar digitalisasi non tunai pada sistem pembayaran dapat teraplikasi dengan baik dalam rangka memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Dengan kegiatan User Exksperince QRIS semakin banyak masyarakat teredukasi mengenai penggunaan QRIS untuk pembayaran non tunai pada mobile banking dan e-walet yang mereka gunakan dan praktek secara langsung penggunaan QRIS kepada masyarakat pengunjungnya Festival dengan memberikan hadiah menarik bagi peserta yang berhasil menggunakan pembayaran non tunai menggunakan QRIS.

Diharapkan target pengguna baru QRIS untuk Sulawesi Selatan sebesar 547.884 dan target secara nasional sebesar 16.244.433 dapat tercapai sampai dengan akhir tahun 2023.

Untuk kegiatan sosialiasi CBP Rupiah dalam Festival Takabonerate tersebut sasaran yang ingin dicapai adalah :

– CIinta Rupiah, dengan cara mengenali, merawat dengan baik serta menjaganya.

– Bangga Rupiah, dengan cara menggunakan dan mematuhinya sebagai satu-satunya pembayaran yang sah sekaligus sebagai simbol kedaulatan dan alat pemersatu bangsa.

– Paham Rupiah dengan cara menggunakan Rupiah secara cerdas dalam bertransaksi, berbelanja dan berhemat.

Para Kadis mencoba transaksi QRIS didampingi pegawai Bank Indonesia dana komitmen akan menularkan hal ini kepada ASN dan Masyarakat sesuai tupoksinya.

Ahmad Yani Kepala Balai Taman Nasional Takabonerate juga akan memfasilitasi melalui Humas nya untuk masyarakat pelaku usaha Kepulauan bisa mendapatkan QRIS dan Edukasi Literasi Keuangan lebih lanjut.

Masyarakat da Wisatawan menyatakan pembayaran QRIS makin memudahkan transaksi di Kepulauan khususnya yg sudah ada signal lalu pulau yg belum ada signal akan mengedepankan Cinta Bangga Paham Rupiah supaya pembayaran secara Cash juga berjalan lancar.

Perbankan, baik BPD Sulselbar ,BRI,Mandiri dan BNI di Selayar menyambut gembira inisiasi yg dilakukan BI sehingga memudahkan perbankan dalam melakukan perluasan QRIS baik kepada ASN, Lokasi Wisata, Toko2 dan UKM Warung2 dilokasi wisata baik di Selayar Daratan maupun di Kepulauan. (*)