Kalla Youth Fest 2023 Sukses Digelar, Hadapi Ancaman Dari Perubahan Iklim, Pengunjung Turut Berkontribusi Dalam Gerakan Hijau Berkelanjutan

MAKASSAR,FILALIN.COM,– Kalla Youth Fest (KYF) 2023 yang mengangkat tema “Nasionalisme Hari Ini” telah sukses digelar dengan menghadirkan ribuan pengunjung selama dua hari pada 4-5 November 2023 di Rooftop Nipah PARK.

Acara ini terdiri dari berbagai kegiatan-kegiatan menarik diantaranya, konser musik, talkshow inspiratif, festival kuliner, festival umkm dan berbagai lomba kekinian dari Dispora Kota Makassar seperti lomba dance, lomba fashion show, lomba debat dan lomba fotografi. Pada hari kedua, acara dimulai dari games-games seru, pengumuman lomba dari Dispora Kota Makassar, penampilan lokal band “Rizky De Kaizer & The Strangers”, Akademi Efyepe, Doorprize Motor Listrik, Qwartet berkaraoke hingga penampilan spesial dari Raissa Anggiani

Selain itu juga ada Inspiring Talks yang menghadirkan , Andi Patiware selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Ulta Levenia selaku Founder of Millenial untuk Pertahanan dan Keamanan, Zensa Rahman selaku Managing Director Pemimpin.id, dan Udin Saputra Malik selaku Tokoh Pemuda.

Kegiatan KYF tahun ini menghadirkan konsep Green Campaign, yaitu gerakan Say No to Plastic dimana pengunjung dapat menukarkan tiga botol plastic untuk mendapatkan reward khusus berupa special merchandise ecobag, es krim walls atau 5.000 kalla poin. Gerakan ini juga mengajak seluruh pengunjung untuk membawa tumbler masing-masing.

Dengan semangat untuk mengedukasi generasi muda akan pengelolaan sampah, KALLA menggandeng Yayasan Lestari Mulia dan sukses mengumpulkan 6,6 ton sampah dari seluruh area Kalla Youth Fest selama dua hari acara berlangsung, sampah ini nantinya akan dikelola untuk menjadi produk baru yang memiliki nilai guna, seperti sampah plastik akan dipadatkan menjadi produk eco friendly fiber, home ware, dan karpet serta dalam bentuk perabotan lainnya, kemudian untuk sampah organik akan diolah menjadi pupuk organic kompos.

Dalam sesi Inspiring Talks para pembicara membahas tentang gerakan-gerakan positif yang bisa dilakukan oleh masyarakat khususnya generasi muda sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa dan negara, salah satunya dalam memaksimalkan potensi generasi muda dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap alam sehingga generasi muda bisa mengurangi dampak dari perubahan iklim yang semakin memburuk.

Andi Patiware, selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar mengungkapkan kolaborasi bersama Kalla Youth Fest 2023 adalah upaya untuk mewadahi generasi muda dalam menambah wawasan terkait mengoptimalkan potensi diri dalam menghadapi tantangan industri di era digital serta akan pemahaman terhadap kepedulian lingkungan.

“Saat ini ruang untuk mengembangkan potensi diri sudah semakin terbuka luas, sehingga kembali lagi kepada generasi muda bagaimana kita bisa memilih kegiatan workshop, pelatihan, maupun seminar yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, dengan skill tersebut kita berharap dapat mendorong genarasi muda semakin aktif untuk saling mengajak menyelamatkan bumi ini,” tambahnya.

Ulta Levenia, selaku Founder of Millenial untuk Pertahanan dan Keamanan menjelaskan bahwa keamanan iklim menjadi konsentrasi dunia saat ini, dimana dalam jangka panjang perubahan lingkungan ini nantinya dapat mengancam keamanan secara global.

“Generasi muda harus mulai aktif untuk mendiskusikan hal-hal terkait keamanan dan pertahanan, karena saat ini kita telah menghadapi perubahan iklim yang mengancam pertahanan keamanan secara global, dengan peningkatan suhu yang semakin meningkat akan mengakibatkan kekeringan, mengganggu suplai makanan, menyebabkan risiko kesehatan bahkan dapat memicu kekacauan dunia, oleh karena itu generasi muda harus mengambil peran penting dalam pertahanan dan keamanan bangsa,” lengkapnya.

Zensa Rahman, selaku Managing Director Pemimpin.id menjelaskan bahwa generasi muda harus mulai peduli terhadap lingkungan, karena dampak nyata dari kerusakan lingkungan benar-benar nyata, bahkan kondisi bumi semakin kritis dan berdampak terhadap seluruh mahluk hidup.

“Kita sebagai calon pemimpin masa depan sudah harus mulai sadar akan hal-hal yang harus kita jaga dan bumi ini sebagai tempat tinggal kita pastinya diharapkan menjadi tempat yang layak untuk dihuni nantinya, oleh karena itu kita harus menerapkan kebiasaan baik bahkan mengajak semua orang konsisten mendukung green campaign,” ungkapnya.

dr Udin Saputra Malik selaku Tokoh Pemuda kota Makassar mengajak kembali generasi muda untuk turut serta dalam mengurangi dampak perubahan iklim dengan memulai melakukan aksi nyata yang diharapkan dapat mengurangi terjadinya pemanasan global dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Kebersihan lingkungkan bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan tetapi seluruh masyarakat, oleh karena itu sangat penting bagi generasi muda untuk tidak membuang sampah sembarangan, kita juga harus bijak dalam menggunakan listrik, melakukan penghematan air dan membiasakan diri untuk memilah sampah agar nantinya dapat memudahkan proses daur ulang, karena inilah wujud kecintaan kita terhadap bumi ini,” tambahnya.

Kalla Youth Fest 2023 juga memberikan banyak hadiah menarik bagi pengunjung dan tenant yang hadir mulai dari doorprize perabotan rumah tangga bagi tenant, 1 Tiket Pesawat PP Makassar-Bali dan Grandprize motor listrik United yang dipersembahkan oleh unit bisnis Kalla Kars serta hadiah menarik lainnya yang diberikan oleh berbagai sponsor dalam acara ini. (*)