Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris, Mahasiswa PPG Prajabatan UMPAR Gandeng MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs dalam Pelatihan Penyusunan Modul Ajar

PAREPARE,FILALIN.COM,– Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 Prodi Matematika Universitas Muhammadiyah Parepare menunjukkan kepedulian terhadap kualitas pendidikan di Kota Parepare. Bekerja sama dengan MGMP Guru Bahasa Inggris SMP/MTs se-Kota Parepare, mereka sukses menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Bahasa Inggris SMP/MTs pada hari Jumat (8/3) di SMP Negeri 2 Parepare.

Kegiatan yang mengusung tema “Meningkatkan Keterampilan Guru Bahasa Inggris SMP/MTs se-Kota Parepare dalam Menyusun Modul Ajar yang Kontekstual dan Efektif untuk Implementasi Kurikulum Merdeka” ini dihadiri oleh kurang lebih 50 guru Bahasa Inggris dari berbagai SMP/MTs di Kota Parepare. Tampak hadir pula beberapa pejabat penting, seperti Koordinator Pengawas Tingkat SMP/MTs Kota Parepare, Sudirman, S.Pd., M.Pd.; Wakil Rektor IV UM Parepare, Muhammad Nurmaallah, S.Ag., M.A.; Dewan Pendidikan Kota Parepare, Dr. Hj. Marwati Abd. Malik, M.Pd. dan Ketua MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs Kota Parepare, Abd. Hamid HT, S.Pd., M.Pd.

Erwin, S.Pd. selaku ketua panitia menegaskan bahwa pelatihan penyusunan modul ini dilaksanakan dengan pertimbangan dapat membantu guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.

โ€œKarena salah satu permasalahan guru sekarang, bukan karena guru tidak bisa menyusun modul ajar akan tetapi beberapa guru belum memahami esensi-esensi yang ada pada penyusunan modul ajar. Makanya kami membuat kegiatan bekerja sama dengan MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs Kota Parepare.โ€ Jelas Erwin.

Apresiasi atas inisiatif mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Parepare datang dari berbagai pihak. Dalam sambutannya, Sudirman selaku Koordinator Pengawas Tingkat SMP/MTs mengapresiasi inisiatif mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Parepare dalam mengadakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru Bahasa Inggris dan kualitas pembelajaran khususnya mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs di Kota Parepare.

โ€œSaya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini yang diadakan oleh mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Parepare. Dengan adanya pelatihan ini saya berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi para guru dan siswa di Kota Parepareโ€ ujar Sudirman.

Selain itu, diakhir sambutannya Bapak Sudirman juga membuka secara resmi pelatihan penyusunan modul ajar ini dengan hikmat.

Materi pelatihan disampaikan oleh Dr. H. Mas’ud B., M.Pd., dosen Universitas Muhammadiyah Parepare. Materi yang dipaparkan meliputi gambaran umum dan petunjuk teknis penyusunan modul ajar, termasuk komponen-komponen utama dan syarat-syarat penyusunan modul ajar.

Para peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan antusias. Sesi diskusi dan tanya jawab berlangsung meriah, dan salah satu perwakilan guru berkesempatan mempresentasikan modul ajar yang telah dibuat. Peserta pelatihan lainnya dapat memberikan pertanyaan ataupun tanggapan terkait modul ajar yang dipresentasikan.

Mahasiswa Prodi Matematika PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Parepare berharap pelatihan ini dapat memberikan edukasi yang bermanfaat bagi guru dalam menyusun modul ajar yang kontekstual dan efektif.

“Kami berharap pelatihan ini dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs se-Kota Parepare. Dengan modul ajar yang berkualitas, guru dapat mengajar dengan lebih efektif dan siswa dapat belajar dengan lebih optimal,” ungkap Erwin selaku Ketua Panitia.

Pelatihan ini merupakan langkah nyata mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Parepare dalam berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kota Parepare. Diharapkan, kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Parepare dan MGMP Guru Bahasa Inggris SMP/MTs se-Kota Parepare dapat terus berlanjut untuk melahirkan program-program inovatif yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Kota Parepare. (*)