Tingkatkan Literasi, BI Gelar Gebyar Literasi Ramadhan 2024

MAKASSAR,FILALIN.COM, — Dalam rangka memperkuat SDM dan menigkatkan literasi di bulan Ramadhan. Bank Indonesia KPw BI Sulsel, menyelenggarakan kegiatan Gebyar Literasi di bulan Ramadhan tahun 2024, yang mengusung tema “Membangkitkan Semangat Literasi di bulan suci Ramadan”

Kegiatan yang digelar BI lt. 4 ruang Baruga Phinisi, Rabu (20/3/2024) menghadirkan narasumber dari Harian Tribun-timur,Andi Suruji.

Dalam pemaparanya, dia banyak menceritkan pengalamannya sebagai seorang jurnalis,baik dalam mencari ide,gagasan dan membuat tulisan yang baik dan enak nyaman.

 

Dia menegaskan bahwa sebagai seorang jurnalis harus selalu menyiapkan buku catatan atau note untuk mencatat ide atau topik-topik tulisan.

 

“Buku catatan atau note itu penting karena itu ide bisa datang kapan saka dan dimana saja, makanya ketika ide ada maka langsung dicatat. Terkadang saya mendapatkan ide-ide tulisan saat berada dibandara sambil menunggu penerbangan,dan langsung mencatatnya,” ujarnya.

 

Hal lain juga perlu diperhatikan dalam membuat tulisan selalu melatih diri dan membuat outline, sehingga tulisan tidak akan melebar kemana-kemana.

Sementara itu kepala BI Sulsel Rizki Ernani Wiminda dalam sambutannya mengemukan bahwa literasi harus terus di galakkan dan dibangkitkan lagi. Apalagi Sulsel dikenal sebagai daerah yang masyarakat yang tingkat literasinya tinggi. Hal ini dilihat dengan adanya lagaligo sebuah maha karya yang sangat terkenal dari zaman dahulu kala.

Dia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan perpustakaan milik Bank Indonesia. Kegiatan ini juga dirangkaikan pemberian penghargan pada para narasumber. (*)