SD Islam Athirah 2 Gelar P5 Tema Kewirausahaan

MAKASSAR,FILALIN.COM, — SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga menggelar kegiatan P5 dengan tema Kewirausahaan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas V yang bertempat di halaman sekolah. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (6-7/5/2024).

 

Kepala SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga H. Muhammad Azis, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan, sebelum Kurikulum Merdeka sudah ada istilah Market Day bagaimana menanamkan nilai-nilai kewirausahaan kepada peserta didik.

 

“Insyaallah selama dua hari ini aktivitas kewirausahaan ini dalam bentuk Market Day bisa berjalan dengan baik dan insyaallah kita menunggu pelaporan dari Bapak/Ibu guru terkait pelaksanaan ini,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Nurusiah, S.Pd. menjelaskan latar belakang kegiatan ini terkait dengan bagaimana pembelajaran berwirausaha sejak dini, terkait juga dengan pembelajaran matematika materi bilangan cacah, menanamkan kepada peserta didik bagaimana bisa berfikir kreatif, bernalar kritis, dan bertanggung jawab dalam berwirausaha.

 

“Manfaat yang diperoleh siswa dalam kegiatan ini yaitu menanamkan jiwa usaha sejak dini, berhitung dengan cepat, menumbuhkan rasa percaya diri, dan kreatif mengembangkan potensi diri yang dimiliki peserta didik dalam menentukan jenis barang yang dijual,” jelas Nurusiah dalam keterangan tertulis, Selasa (7/5/2024).

 

“Mengenai laporan keuntungan siswa, ada yang bahkan mendapatkan keuntungan dua kali lipat dari modal awal. Secara keseluruhan anak-anak mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya,” terangnya.

 

Terpantau langsung di lokasi, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Stan-stand dipadati oleh pembeli mulai dari siswa TK, siswa kelas I-VI, guru/karyawan, bahkan dari siswa SMP.

 

(*/Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan, S.Pd.)