Tips Pemasangan Home Charging dan Pengisian Daya di SPKLU untuk Mobil Listrik BYD

MAKASSAR,FILALIN.COM, —– Memiliki mobil listrik BYD dengan sumber tenaga sepenuhnya dari baterai atau lebih dikenal dengan istilah Battery Electric Vehicle (BEV), salah satu hal utama yang semestinya

diketahui oleh pemilik kendaraan adalah cara mengisi daya pada baterai. Baik melalui fasilitas home charging maupun SPKLU.

Fasilitas home charging untuk perangkat wall charging pada model kendaraan BYD Seal, BYD Atto 3, dan BYD Dolphin sudah terintegrasi biayanya pada saat pembelian awal, namun khusus untuk BYD M6 fasilitas wall charging dilayani secara opsional.

“Khusus untuk BYD M6, pembelian unit oleh konsumen di Indonesia memang belum termasuk wall charger dan ada penambahan biaya Rp 10 juta termasuk biaya pasang standar, namun ada beberapa faktor yang bisa membuat penambahan biaya seperti penarikan kabel dari gardu PLN ke rumah pelanggan, penambahan nomor ID pengguna listrik baru, dan keamanan listrik di rumah (grounding system) berdasarkan harga PLN,” terang Aswan Amiruddin, General Manager Marketing, Sales & Aftersales General Manager dari Haka Auto.

Keseriusan BYD Indonesia dalam memperhatikan kebutuhan fasilitas home charging sebenarnya telah dimulai sejak 25 Februari 2024 melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam rangka pengembangan infrastruktur dan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Melalui nota kesepahaman tersebut, setiap dealer Haka Auto akan menjadi “jembatan” antara konsumen dan PLN dalam proses pemasangan home charging di rumah,” imbuh Aswan.

Salah satu hal penting dalam instalasi home charging adalah memastikan ground atau sistem pembumian yang tepat. Jika tidak, pengisian daya baterai kendaraan dapat terhambat. Pihak PLN menyarankan daya listrik minimum yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya kendaraan listrik di rumah minimal sebesar 7.700 Volt Ampere (VA) untuk kebutuhan mengisi daya kendaraan listrik di rumah. Pelanggan dapat memantau proses pengisian daya melalui aplikasi Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang disediakan oleh PLN, termasuk melihat histori pengisian daya kendaraan mereka.

Konsumen BYD juga bisa memantau status pengajuan home charging mereka melalui situs resmi PLN di https://layanan.pln.co.id/monitoring-home-charging.

Haka Auto Berperan Aktif Mendukung Perluasan dan Penyebaran Pengisian Daya di SPKLU

Selain home charging, pemilik mobil listrik BYD juga dimanjakan dengan keberadaan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang semakin banyak dan makin luas penyebarannya di Indonesia.

Namun, perlu dipahami pula jika setiap penyedia SPKLU memiliki aplikasi yang berbeda-beda, karena penyedia jasanya yang juga berbeda-beda, sehingga pengguna harus mengunduh aplikasi yang sesuai agar dapat menggunakan layanan tersebut dengan lancar.

Sebagai Mega Dealer mobil listrik BYD di Indonesia, Haka Auto juga berperan aktif dalam mendukung penyebaran dan perluasan fasilitas SPKLU. Pada tanggal 24 Agustus 2024, Haka Auto telah menegaskan komitmen untuk memperluas jangkauan fasilitas SPKLU melalui panandatanganan MoU dengan Voltron, dimana melalui kesepakatan tersebut semua showroom Haka Auto akan dilengkapi dengan fasilitas Fast Charging.

“Tentu kami sangat menghargai keputusan masyarakat dalam mempercayakan pembelian BYD ke Haka Auto sehingga kami akan akan membalas kepercayaan tersebut dengan memberikan pelayan terbaik khas Haka Auto,“ kata Hariyadi Kaimuddin, CEO Haka Auto.

Saat ini, Haka Auto telah memiliki lima showroom yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia:

• BYD Haka Cibubur – Jalan Alternatif Cibubur No. 41, Bekasi, Jawa Barat (0811-9000-0195)

• BYD Haka Bintaro – Jalan Boulevard Raya CBD Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan, Banten (0811-1122-226)

• BYD Haka Karebosi – Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 15, Makassar (0812-6635-8999)

• BYD Haka Suprapto – Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 85, Malang (0813-9974-6999)

• BYD Haka Balikpapan – Jalan Ruhui Rahayu No. 124, Balikpapan (0811-9000-0197)

Haka Auto telah berkomitmen untuk terus memperluas jaringan showroom di wilayah pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

—ooo00ooo—

Tentang Haka Auto

Haka Auto adalah Mega Dealer resmi kendaraan BYD di Indonesia, yang berfokus pada penyediaan solusi kendaraan listrik yang inovatif dan berkelanjutan. Melalui jaringan yang berada di hampir semua pulau di Indonesia khususnya di Jawa, Sulawesi & Kalimantan, Haka Auto berkomitmen untuk mendukung perkembangan infrastruktur EV dan memberikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.

Kontak Media:

• Derry

Marketing Communication

0812 8492 0911

Tentang BYD Motor Company Limited

Build Your Dream (BYD) Company Limited, umumnya dikenal sebagai BYD, adalah perusahaan teknologi dan manufaktur yang didirikan oleh Wang Chuanfu pada tahun 1995, berkantor pusat di Shenzhen, Guangdong, Tiongkok. BYD adalah perusahaan teknologi tinggi yang berdedikasi pada inovasi teknologi untuk kehidupan yang lebih baik. Perusahaan ini telah mendirikan lebih dari 30 kawasan industri di seluruh dunia dan telah memainkan peran penting dalam industri yang berkaitan dengan elektronik, mobil, energi baru, dan angkutan kereta api.

Sebagai pionir global dalam Solusi Energi Baru, BYD berkomitmen untuk membangun ekosistem bebas emisi. Sejak awal berdirinya, BYD telah berdedikasi tinggi untuk membangun ekosistem tanpa emisi dengan memproduksi teknologi mutakhir yang ramah lingkungan. Hal ini didukung oleh visi BYD untuk masa depan yang berkelanjutan melalui elektrifikasi, yang bertujuan untuk menciptakan udara bersih di masa depan dan seterusnya untuk generasi mendatang. Selain kendaraan, BYD juga memproduksi panel surya atau energi surya yang akan segera menjadi sumber energi terbesar perkotaan di masa depan sehingga membuat ekosistem perkotaan semakin lancar.

BYD memiliki empat produk andalan: kendaraan EV, Rail Transit, berbagai jenis perangkat elektronik, dan Solusi Energi Terbarukan. Saat ini, kendaraan penumpang energi baru BYD telah memasuki 77 negara dan wilayah secara global, dengan investasi manufaktur di Brasil, Hongaria, Thailand, dan lokasi lainnya. Pada tahun 2023, BYD mencapai penjualan kumulatif sebesar 3,02 juta kendaraan, mempertahankan posisinya sebagai pemimpin global dalam penjualan kendaraan energi baru. Penjualan kendaraan penumpang energi baru di luar negeri melebihi 240.000 unit, menandai peningkatan sebesar 337% dibandingkan tahun lalu.

Pada bulan Mei saja, BYD menjual 331,817 kendaraan, sehingga penjualan kumulatif kendaraan energi baru mencapai lebih dari 7,6 juta unit hingga saat ini. BYD telah mengerjakan elektrifikasi transportasi umum perkotaan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca global, dengan visi “Mendinginkan Bumi sebesar 1°C”. Pada 11 Juni 2024, BYD telah mengurangi emisi karbon sebanyak 59.683.172.994 kg, setara dengan CO₂ senilai 994.719.550 pohon!