BIK OJK 2024, Bukukan Transaksi Sebesar Rp 1,4M Dan 11Ribu Pengunjung

0-0x0-0-0#

MAKASSAR,FILALIN.COM,–Puncak Bulan Inklusi Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan secara resmi ditutup Sabtu (26/10/2024). Penutupan dilakukan secara seremonial oleh Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Budi Susetiyo. Dan dihadiri para tamu undangan dari industri jasa keuangan.

 

Pemimpin Wilayah dan Pemimpin Cabang Seluruh Industri Jasa Keuangan yang tergabung dalam wadah Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (FKIJK Sulselbar) juga turut hadir.

 

Dalam sambutannya Budi mengungkapkan apresiasi yang sebesar-besarnya atas terlaksan dan suksesnya BIK OJK 2024 ini.

“puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya, karena malam hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul dalam acara “Penutupan FinExpo Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2024 di Sulawesi Selatan”. Berbagai rangkaian kegiatan FinExpo BIK 2024 yang diselengarakan pada tanggal 25-26 Oktober di Tugu MNEK, Central Poin of Indonesia telah kita lewati,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni Edukasi/Literasi Keuangan (Bincang santai Industri jasa Keuangan) Pameran Industri Jasa Keuangan, Pameran UMKM;

Business Matching UMKM dengan Industri Jasa Keuangan; Festival Kuliner; Kegiatan Lomba (Barista Competition, Reels Competition, dan Cosplay Competition); Jalan Santai dan Senam Bersama.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan partisipasi 65 tenant booth pameran yang terdiri dari pameran produk Industri Jasa Keuangan dan produk UMKM dengan total pengunjung kegiatan FinExpo BIK 2024 mencapai 11.000 orang (Per 26 Oktober 2024 Pukul 17.00 WITA).

 

“Pada kesempatan yang baik ini, dapat saya sampaikan beberapa capaian pelaksanaan kegiatan Road to BIK hingga Puncak Bulan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 Oktober 2024 antara lain:

Uraian Nilai Total Pengunjung 11.000 Total Transaksi Rp.1.425.220.001 Jumlah Transaksi UMKM Rp40.410.001

Jumlah Transaksi IJK Rp1.384.810.000, ” ujarnya.

 

Selama kegiatan juga terjadi pembukaan Rekening (NoA) DPK, Kredit dan Produk Keuangan

Lainnya Pada Kegiatan Pameran/Expo/Bazar/Lainnya Dalam

Rangka BIK 2024 192.202 Nominal Pembukaan Rekening/Pembiayaan/Produk Keuangan

Lainnya (dalam Rp Penuh) Pada Kegiatan Pameran/Expo/Bazar/Lainnya Dalam Rangka BIK 2024 Rp1.617.786.388.315,-

Sampai dengan pukul 17.00 WITA

Tedapat Pembukaan rekening/polis/SID (NoA) sebanyak 192.202 rekening pada kegiatan Pameran/Expo/Bazar/Lainnya Dalam Rangka BIK 2024 Total Transaksi selama puncak pelaksanaan Bulan Inklusi Keuangan sebanyak Rp1.425.220.001,-

Budi menegaskan Pelaksanaan FinExpo BIK 2024 ini berhasil mendorong perkonomian masyarakat di wilayah Sulawesi Selatan serta semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi dan akses terhadap layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

 

“Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya dukungan dari seluruh pihak terkait yang telah mendukung persiapan hingga pelaksanaan kegiatan ini. Untuk itu, sekali lagi kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang diberikan oleh Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Sulselbar, serta seluruh dinas/instansi/lembaga yang telah membantu terselenggaranya Bulan Inklusi Keuangan ini sebagai upaya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat,” tutupnya.

 

Dia juga menegaskan pelaksanaan kegiatan puncak Bulan Inklusi Keuangan tahun ini dapat di evaluasi bersama untuk pelaksanaan kegiatan BIK di tahun yang akan datang. Kedepannya semua untuk semakin mempererat kolaborasi dalam mendorong Akses Keuangan Inklusif, untuk Mewujudkan Masyarakat Produktif

” izinkan saya menutup dengan pantun:P ergi bekerja jam 7 pagi Dengan semangat agar produktif Mari Kita Saling BersinergiWujudkan Akses Keuangan yang Inklusif” ujar Budi saat menutup sambutanya dengan pantun. (*)