Basarnas Sulsel Siap Siaga Saat Natal dan Tahun Baru 2023

FILALIN, MAKASSAR – Kepala Kantor Basarnas Sulsel Dr. Djunaidi bersama Deputi Operasi dan Siaga Basarnas Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyanto menghadiri Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI untuk membahas persiapan Siaga Natal dan Tahun Baru 2023 di Aula Morowali Kantor Otoritas Bandara Wilayah V Makassar pada Jum’at, 2 Desember 2022.

Deputi Operasi dan Siaga Ribut Eko Suyanto mengatakan bahwa tugas Basarnas menjalankan amanah Undang – undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan yang di dalamnya di atur tentang kesiapsiagaan, Siaga Natal dan Tahun Baru rutin di lakukan Basarnas setiap tahunnya.

“Dengan potensinya kecelakaan yang akan meningkat dengan padatnya arus liburan Nataru, maka Basarnas bersama instansi lainnya akan selalu berkoordinasi guna meminimalisir kecelakaan yang bisa mengakibatkan korban jiwa,” ujarnya.

Kepala Kantor Basarnas Sulsel Dr. Djunaidi juga menambahkan kesiapan 121 personil yang akan di tempatkan di titik – titik lalu lintas penerbangan, pelayaran dan darat.

Personil juga akan melakukan mobilitas ke Posko yang di bentuk instansi di bawah Kementrian Perhubungan untuk melaksanakan Siaga.

“Saya menekankan betapa pentingnya penegakan aturan di alur pelayaran, terutamanya pada kapal-kapal kayu yang berlayar ke pulau-pulau sekitaran Makassar,” pungkasnya.

Sebab menurut pengalaman yang pernah terjadi kebanyakan kapal yang memiliki muatan berlebih memaksakan untuk berlayar dengan mengabaikan resiko bagi penumpang yang ikut.

Penulis: Ramadan