Juara 1 Lomba Matematika Internasional, Siswa SD di NTT Taklukkan 7 Ribu Peserta

Juara 1 Lomba Matematika Internasional, Siswa SD di NTT Taklukkan 7 Ribu Peserta

Filalin.com, NTT – Siswa SDN Inpres Buraen, Nusa Tenggara Timur (NTT), Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay menjadi juara 1 lomba matematika dan sempoa tingkat nasional yang dihelat Abacus World Competation.

Siswa berumur delapan tahun ini mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi yang diikuti sekitar 7.000 siswa dari seluruh dunia.

Nono panggilan akrabnya, berhasil menyelesaikan 15.201 file dalam jangka waktu satu tahun. Dimana setiap file mengandung 10 soal.

Baca Juga: Sebut Jokowi Firaun, Cak Nun Mengaku ‘Kesambet’

Hal ini terlihat dalam kanal YouTube biro umum Setda provinsi. Nono berhasil menyelesaikan 152.010 soal yang diujikan dalam bentuk virtual dan listen dalam bahasa Inggris.

Sontak Video tersebut langsung dibanjiri oleh netizen yang memuji dan bangga atas prestasi yang Nano raih.

“Ikut bangga… Saya Sebagai bangsa Indonesia.. Semoga pemerintah perhatikan kelanjutan dia,” tulis @sas***

“The best asset negara anak ini. Semoga selalu dalam lindungannya,” tambah netizen.

Sementara, Gubernur NTT, Viktor Bungitlu Laiskodat (VBL) saat menerima perwakilan dari lembaga Internasional Abacus Bryan Gym pada Jumat, (06/01/2023) mengaku bangga dengan prestasi yang diraih Nono.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Menarik Sekolah Islam Athirah Terima Calon Siswa

“Saya merasa senang dan bangga melihat anak seperti Nono yang cerdas dan membanggakan NTT tetapi juga dunia dan peran guru yang sangat penting dan baik dalam dunia pendidikan membawa anak yang cerdas,” ujar Gubernur Victor Bungitlu.

Sekadar diketahui, Abacus World Competition yakni wadah perlombaan matematika untuk seluruh siswa Abacus Brain Gym di seluruh dunia. Skor dinilai dari jumlah file yang dikerjakan siswa selama satu tahun.

Namun, satu file terdiri dari 10 soal. Tiap file yang dihitung untuk penilaian minimal mendapat nilai 70. Kompetisi ini ditutup dan pemenangnya diumumkan pada akhir Desember 2022.

Nono juga merupakan peraih juara Lomba Olimpiade Matematika internal Sekolah Binaan Astra.