Jokowi Target Kereta Api Sulawesi Bisa Sambungkan Makassar-Manado

Jokowi Target Kereta Api Sulawesi Bisa Sambungkan Makassar-Manado
Kereta api pertama Sulawesi. (foto: Pemprov Sulsel).

Filalin, Makassar – Kereta Api (KA) jalur Makassar-Parepare sudah mulai beroperasi untuk melayani penumpang. Hal ini disampaikan oleh akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif @kemenparekraf.ri, Jumat (27/1/2023).

“Sementara saat ini yang sudah beroperasi adalah angkutan penumpang, diuji coba terbatas, yakni di lintas Garongkong sampai Mangilu,” kata Kepala Operasional dan Layanan KA Trans Sulawesi Rizqi Prasetyo dalam video di akun resmi Youtube Presiden Jokowi.

Baca Juga: Penyidik OJK Selesaikan 20 Perkara di Sektor Jasa Keuangan Sepanjang 2022

Sementara itu, melalui akun Instagramnya, Presiden Jokowi membagikan momen beroperasinya kereta api pertama di Sulawesi ini. Jokowi menyebut, saat ini rute KA tersambung dari Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu Pangkep.

“Naik kereta api di Sulawesi? Sekarang bukan lagi hanya mimpi. Relnya sudah terbangun, keretanya pun sudah beroperasi. Saat ini, kereta api pertama di Sulawesi di jalur Makassar-Parepare sudah diuji coba melayani penumpang rute Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru sampai Stasiun Mangilu di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan,” tulis Jokowi.

Jokowi menargetkan kereta api ini bisa menyambungkan Makassar hingga ke Manado, Suwesi Utara.

“Di masa mendatang, kereta api akan menyambungkan kota dan daerah dari Makassar di Sulawesi Selatan hingga Manado di Sulawesi Utara,” kata Jokowi di Instagram @jokowi.

Rencananya, rel KA Sulawesi Selatan akan dibangun sepanjang 145 km, dengan rute Makassar-Parepare.

Baca Juga: Waspada Penipuan! Klik Undangan Pernikahan di WhatsApp, Uang Bisa Raib

Hingga akhir tahun 2022, rel kereta telah terbangun sepanjang 84 km dan melintasi Stasiun Mandai Maros dan Stasiun Garongkong Barru.

Adapun stasiun yang akan disinggahi oleh kereta api ini, yakni Stasiun Palanro, Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rung, Stasiun Labakkang, Stasiun Manguli, dan Stasiun Maros.