Peduli Lingkungan, Pelindo Regional 4 Bantu Sistem Sarana Air Bersih Warga Kelurahan Tallo

MAKASSAR, FILALIN.COM,  – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo menyerahkan bantuan berupa sistem sarana air bersih bagi warga Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Penyerahan bantuan tersebut ditandai dengan peresmian sistem sarana air bersih yang dilakukan Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir, di Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Selasa (26/9/2023).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mengatakan bahwa bantuan Pelindo tersebut menunjukkan kepedulian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan ini kepada lingkungan melalui program TSJL.

“Hal ini patut kita syukuri karena mempercepat program pemerintah dalam hal ini Pemkot Makassar kepada masyarakat,” ujarnya.

Namun menurut dia, agar pemanfaatan air ini dapat dirasakan oleh seluruh warga yang ada di Kelurahan Tallo, maka harus juga dimanfaatkan dengan baik dan benar oleh masyarakat.

Zuhaelsi juga meminta kepada Human Initiative (HI) yang telah bekerja sama dengan Pelindo untuk menghadirkan sistem sarana air bersih bagi warga di Kelurahan Tallo ini agar ada capacity building kepada masyarakat, bagaimana mengelola sumber air yang telah dihadirkan.

Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam menuturkan, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL merupakan salah satu program perusahaan yang wajib untuk dipenuhi dan dijalankan setiap tahun.

“Tujuan dari program TJSL Pelindo yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di area lingkungan kerja perusahaan dengan fokus pada tiga bidang, yakni pendidikan, UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah, serta Bina Lingkungan dan salah satu yang kita lakukan pada hari ini adalah penyediaan air bersih di Kelurahan Tallo. Alhamdulillah hari ini kita sudah meresmikannya bersama Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Dinas PU,” tuturnya.

Dia menyebutkan bahwa permasalahan utama di Kelurahan Tallo adalah masalah air. “Di sekitar sini cukup langka air. Sehingga kami dari Pelindo tergerak untuk membantu masyarakat di sini dan bekerja sama dengan Human Initiative untuk mencari lokasi air yang bisa digali dan kemudian dilakukanlah pengeboran beserta pipanisasi ke rumah-rumah warga,” terangnya.

Pihaknya bersyukur upaya untuk merealisasikan bantuan berupa sistem sarana air bersih ini akhirnya dapat menjangkau sekitar 100 rumah warga di Kelurahan Tallo. Basri Alam juga bersyukur dan mengapresiasi partisipasi seluruh warga di Kelurahan Tallo, terutama di RW 04. “Karena tanpa bantuan dan dukungan dari masyarakat yang mau turut membangun bangsa ini, Pelindo tidak bisa berbuat apa-apa,” ucapnya.

“Memang masyarakat harus menyampaikan ide dan saran kepada pemerintah untuk disampaikan kembali kepada kami karena Pelindo dengan pemerintah daerah punya program yang sama untuk menyejahterakan masyarakat melalui program TJSL yang ada di perusahaan,” tukasnya.

Kepala Cabang Human Initiative Sulsel, Swardi juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Pelindo, “Alhamdulillah hari ini (Selasa), warga di Kelurahan Tallo mendapatkan rezeki dari Allah melalui Pelindo.”

Tapi lanjut dia, “Kita tidak mau [bantuan] ini hanya sekadar launching semata. Tetapi bagaimana agar sarana air bersih yang sama-sama kita resmikan pada hari ini bisa terus mengalir sampai hari kiamat nanti.”

“Semoga semua karyawan Pelindo tetap sehat dan bisa terus memberikan kebermanfaatan setiap saat bagi masyarakat di sekitarnya.”

Dia juga berharap semoga ada keberlanjutan dari program ini. “Bagaimana agar program ini tetap bisa terus dijaga dan berjalan.”

Sementara itu masyarakat di RW04 Kelurahan Tallo yang turut hadir dalam peresmian sistem sarana air bersih tersebut juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pelindo, Pemerintah Kota Makassar, dan Human Initiative yang sudah memperhatikan kondisi lingkungan mereka.

“Terima kasih Pelindo, berkat bantuannya kami bisa kembali menikmati air bersih,” ucap mereka dengan kompak usai sesi foto bersama di lokasi peresmian tersebut.(*)