ISC UNM 2023, SD Islam Athirah 2 Rebut Juara 1 Olimpiade IPA se-Sulsel

MAKASSAR,FILALIN.COM, — Muhammad Faiz Ramadhan, siswa kelas VI.1 English Class SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga, Makassar, meraih juara 1 lomba IPA jenjang SD tingkat provinsi Sulsel pada Integrated Science Competition (ISC) HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM yang digelar di FMIPA UNM, Kamis-Ahad (5-8/10/2023).

Faiz meraih juara 1 ISC UNM 2023 pada kategori Olimpiade IPA SD setelah melalui tiga tahapan lomba, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Dimana pada babak penyisihan diambil 10 peserta yang berhak ke semifinal kemudian 5 peserta yang ke final.

Saat diwawancarai langsung di kelasnya, Faiz mengaku sangat senang dan tidak menyangka bisa mendapatkan juara 1 lomba ISC UNM 2023 karena di babak final ia sempat kehabisan waktu. Tidak lupa pula ia berterima kasih kepada guru pembinanya.

“Sangat senang bisa juara 1, bahkan sempat lompat karena tidak menyangka biasa juara. Padahal, waktu babak final ada beberapa soal terlewat karena kehabisan waktu. Terima kasih kepada ibu Satri yang sudah dengan sabar mengajariku sehingga Alhamdulillah bisa sampai di titik ini,” kata Faiz pada Senin (9/10/2023).

Guru Pembina Tim Olimpiade Sains Athirah (TOSA), Satriani, S.Pd., M.Pd. mengucapkan rasa terima kasih kepada Faiz yang begitu sabar dan tetap semangat mengikuti lomba ini selama empat hari. Ia juga menceritakan perjuangan Faiz sampai ke babak final dan memperoleh nilai tertinggi.

“Di babak penyisihan ananda urutan ke-2 dan di semifinal bahkan ananda berada di posisi ke-5 karena mungkin ananda kurang fokus dan lelah. Alhamdulillah dengan izin Allah di babak final berhasil memperoleh nilai tertinggi dimana menurut ananda soalnya di babak final sangat berbeda dengan soal di penyisihan dan semifinal. Di final menurut ananda soalnya tingkatannya lebih tinggi,” tuturnya.

Sementara itu, orang tua Faiz, A. Gerhani Wulandari mengungkapkan rasa syukur karena kembali mendapat kejutan dari anaknya pada lomba kali ini. Ucapan terima kasih juga ia ucapkan untuk para guru di sekolah.

“Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Sekali lagi dapat surprise dari ananda atas kerja kerasnya selama empat hari diadakannya lomba ISC di UNM. Semua atas izin Allah, atas doa dan support bapak ibu guru di sekolah, dan tentu atas arahan serta bimbingan ibu Satri selaku guru TOSA,” ungkapnya.

“Harapan saya sebagai orang tua tentu agar ananda semakin hari semakin baik, tidak pernah berpuas hati, dan tetap belajar dengan giat serta harus selalu yakin bahwa insyaallah setiap usaha yang diniatkan dengan ikhlas akan membuahkan hasil yang baik,” harapnya.

Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan, S.Pd.(*)