UIT Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW secara Meriah

MAKASSAR,FILALIN.COM, — Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H secara Meriah di Kampus IV Pelataran PPs, Jum’at 13 Oktober 2023.

Kegiatan Maulid ini dengan menghadirkan Pembawa Hikmah : Prof.Dr.HM.Ghalib Mattola, MA, dengan mengusung tema ” Memperdalam Rasa Cinta pada Rasulullah SAW dengan Meneladani Sifatnya dalam Kehidupan”

Ketua panitia, Dr.Nurmadiah, S.Ag, M.Pd mengucapkan banyak terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh Fakultas yang telah berpartisipasi dalam menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, dan seluruh teman-teman panitia berusaha keras untuk mensukseskan acara ini terkhusus H.Bau yang telah menyumbangkan Caterin kepada kita.

Kegiatan ini dilaksanakan salah satu bentuk silaturahmi diantara kita dengan tema Maulid ” Memperdalam Rasa Cinta pada Rasulullah SAW dengan meneladani sifatnya dalam Kehidupan” jadi bukan kita sekedar memperingati tapi kita berusaha untuk.meningkatkan keteladanan kita kepada Rasulullah SAW.

Dan saya mohon maaf ketika ada yang kurang berkenang dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami mohon maaf dari panitia, ” kata Dekan FAI.

Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman, S.Pt, SE, MM menyampaikan terima kasih kepada ketua panitia pelaksana Maulid Nabi Muhammad SAW, dimana waktu singkat dalam pelaksanaan kegiatan Maulid ini bisa kita laksanakan dengan baik, dan terima kasih banyak kepada penyantun H.Bau atas partisipasinya dalam kegiatan ini, dan seluruh Civitas Akademika UIT.

Menurut Rektor, kegiatan Maulid ini yang dilaksanakan setiap tahunnya, di mana Nabi Muhammad SAW sebagai panutan kita bersama sampai akhir hayat kita, dan menjadikan motivasi dalam kegiatan apapun didalam kehidupan kita sehari hari.

apalagi Hikmah Maulid yang nantinya menjadi sebuah Restorasi dalam pengembangan kampus Universitas Indonesia Timur tercinta ini, ” kata Rektor.

Wakil ketua YIT, Aminuddin, SH, MH mengatakan kegiatan ini salah satu bentuk ekspresi kita kepada Nabi Muhammad SAW, walaupun kecintaan kita berbeda-beda, ada yang mengapresiasikan dengan syair.

Maulid adalah mendekatkan Hikmah, pendekatkan sejarah Nabi Muhammad SAW karena memang beliau , saya hanyalah diciptakan untuk memperbaiki akhlak yang mulia Adab, Adab itu diatas segala-galanya, diatas ilmu, jadi itulah yang diperbaiki oleh Nabi Muhammad SAW dan semoga kita bisa mengamalkan, ” Ucapnya.

Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, Prof.Dr.HM. Galib Mattola, MA mengatakan kita sudah dapatkan tadi dari dua bagian yang tidak terpisahkan acara ini yang sudah disampaikan tadi, yang pertama Pembacaan Barasanji disitu intinya adalah menyampaikan riwayat hidup dan perjuangan serta keteladanan Rasulullah Muhammad SAW dalam bahasa yang benar ditulis Zain Jaffar , yang kedua Shalawat Badhar, salah satu intinya adalah ketegangan perjuangan menegakkan kebenaran itu secara umum, cuma ketika ditanya bagaimana pesannya terhadap dua acara yang disampaikan itu, saya kira semua mengatakan bagus sekali, “ucapnya.

Menurut H.M.Ghalib, kita memperingati kelahiran Rasulullah SAW saya kira lahir 1498 tahun lalu dengan kegembiraan, dengan apa yang ada dihadapan kita semua yang tentu ini memberikan semangat kebersamaan, kegembiraan untuk kita bersama di tempat ini.

Memang Rasulullah SAW adalah salah satu pribadi disebut Huashasanah, hanya ada 2 manusia yang disebut dalam Alquraan sebagai pedoman yakni Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW, yang kedua beliau juga memiliki Akhlak dan prilaku serta budi pekerti hanya ada satu disebutkan dalam Alqur’an, ketika ditanya

Bagaimana akhlaknya Rusulullah SAW jawabannya Akhlaknya nabi adalah pribadi yang memahami dengan benar serta mengamalkan secara utuh dan menyeluruh terhadap seluruh kandungan Al Quran karim, “kata HM Ghalib.

Pada acara Maulid ini, panitia mengumumkan Lomba hias telur Maulid, yang menangkan juara 1 dari Fakultas Sospol, Juara 2 dari Pascasarjana, Juara 3 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Acara ini turut dihadiri Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman, S.Pt, SE, MM, Wakil YIT, Aminuddin, SH, MH, Dewan Pengawas, H.Ambo Asse, Wakil Rektor I, Drs.Hanafi A Kadir, SKM, M.Kes, Wakil Rektor II, Dr.Arjang,ST, MT, MM, Wakil Rektor III, Muhammad Zulqifli, S.Kom, MM, M.Si, Wakil Rektor IV, Dr.A.M.Azhar Aljurida, M.Adm.KP, Direktur PPs Prof.Dr.H.Abd Wahid Wahab, M.Sc, Kepala Lembaga dan Biro, Dekan, Ka.Prodi, Dosen, Tendik dan Mahasiswa.

(*/Humas UIT/ Beddu Lahi).