Gelar LDK, SD Islam Athirah 2 Beri Materi Kepemimpinan dan Public Speaking

MAKASSAR,FILALIN.COM, — SD Islam Athirah 2 Makassar menggelar Latihan Kepemimpinan Dasar (LDK) untuk calon pengurus OPDIS (Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah) pada Kamis (24/11/2023) di Aula LEC Athirah Baruga pada pukul 08.00-12.00 Wita. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 68 orang dengan materi Kepemimpinan dan Publik Speaking.

 

Adapun tema yang yang diangkat yaitu “Every Human Being Is A Leader” yang artinya setiap manusia adalah pemimpin, tujuannya untuk melatih dan menambah ilmu siswa terkait kepemimpinan. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai proses seleksi calon pengurus OPDIS dan MPK (Majelis Perwakilan Kelas) periode selanjutnya.

 

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan SDM SD Islam Athirah 2 Taswil Mardi, S.Pd dalam sambutannya memaparkan beberapa kriteria seorang pemimpin.

 

“Setiap orang adalah pemimpin, minimal menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri. Saya harap anak anakku semua bisa mempunyai kriteria menjadi seorang pemimpin yaitu menjadi pendengar yang baik, bisa bekerja sama dalam tim dan bisa menjadi contoh yang baik bagi teman temannya”, ungkap Taswil

 

 

Bertindak selaku pemateri pertama Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga Mas Aman Uppi, S.Pd, M.Pd menyampaikan beberapa materi dan motivasi terkait kepemimpinan.

 

“Dalam sebuah tim dibutuhkan sosok Pemimpin yang bisa membuat orang bisa bekerja sama dengan baik. Bagaimana bisa melakukan itu, tentunya dengan memberikan contoh yang baik kepada teman teman, bisa mengatur dirinya dengan baik dan lainnya”, ungkap Aman.

 

Sementara itu pemateri ke 2 Muhammad Sukri Ahmad, S.Pd., M.Pd., menyampaikan materi teknik melatih public speaking agar bisa berkomunikasi yang baik didepan umum.

 

 

“Tentu kita harapkan anak-anak kita untuk terus berlatih, bukan hanya ketika akan ditugaskan untuk tampil, tetapi juga di sela-sela waktu luang untuk terus melatih keterampilan public speaking.”

 

“Mereka bisa berlatih di depan cermin, juga dengan banyak membaca, banyak menonton tayangan orang berpidato, ataupun menjadi pendengar yang baik. Yang paling penting adalah konsisten dalam belajar meningkatkan keterampilan berbicara.”

Citizen Reporter : Ade Bagus Putra, S.Pd, M.Pd, Gr