P5 Seni Tembikar SD Islam Athirah 2, Kerja Sama Dengan Ganara Art Nipah Park Makassar

MAKASSAR,FILALIN.COM, – Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas IV SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga tidak hanya memamerkan hasil karya siswa, tetapi juga menggunakan hasil karyanya. Kegiatan gelar karya ini mengangkat tema “ Kearifan Lokal” yakni membuat tembikar pada Senin, 18/12/2023.

Diikuti seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 81 siswa, terdapat 4 stan yang memamerkan puluhan tembikar yang dilengkapi dengan kue dan minuman tradisonal. Karya tembikar yang dibuat siswa ada yang berupa gelas dan piring. Karya tembikar yang dipamerkan merupakan hasil karya siswa yang dibuat Jum’at, 8 Desember 2023 lalu, bekerja sama dengan Ganara Art Nipah Park Makassar.

Koordinator P5 tingkat kelas IV, Renny Mulyani, S.Pd., Gr. menyampaikan tahapan-tahapan P5 yang telah dilalui hingga berakhir pada kegiatan puncak hari ini yaitu Gelar Karya.

“Alhamdulillah hari ini sudah berada pada kegiatan puncak P5 yaitu Panen Karya. Sebelumnya telah dilakukan tahapan pendahuluan berupa pengenalan sejarah tembikar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kedua tahapan perencanaan dengan pembuatan model tembikar mulai dari gambar, kolase dari kardus bekas, hingga playdogh. Yang ketiga tahapan aksi yakni pembuatan tembikar dari tanah liat murni”, jelasnya.

Lebih lanjut, Renny menjelaskan pembuatan tembikar hingga menjadi keramik melalui beberapa proses, mulai dari wet sudah dibentuk, bone dry kering 3-7 hari, bisque dibakar 900 derajat celcius, dan keramik glasir dibakar 1200 derajat celcius. Pada tahap akhir gelar karya, siswa memaparkan tentang proses pembuatan tembikar dan menggunakannya sebagai wadah.

Antusias siswa sangat terlihat pada kegiatan Panen Karya P5 ini, mereka sangat senang melihat hasil karyanya menjadi keramik yang dapat digunakan. Diakhir kegiatan, siswa, guru dan karyawan yang hadir tampak menikmati kue-kue tradisional dan minum khas berupa sarabba dan teh.

Citizen Reporter : */ Ilham Mais, S.Pd., M.Pd., Gr.